5 Fitur Google Chrome yang Wajib Kamu Tahu!

June 6, 2022

Google Chrome merupakan salah satu browser yang menyediakan beragam trik dan fitur rahasia. Simak beberapa di antaranya untuk membuat aktivitasmu makin mudah.

google

Sumber : Okezone

Jika mesin pencari adalah jendela untuk menjelajahi internet, maka browser alias peramban adalah bingkainya. Browser yang baik tidak hanya harus mendukung fungsi pencarian dasar yang baik, tapi juga gampang dan nyaman digunakan. Salah satu pilihan browser populer dengan sekitar 65% pengguna di seluruh dunia adalah Google Chrome.

Sebenarnya masih banyak perdebatan tentang browser mana yang dianggap terbaik. Namun, ada alasan tersendiri kenapa Chrome banyak jadi pilihan. Selain dimiliki langsung oleh Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, beberapa browser lain seperti Opera dan Microsoft Edge juga menggunakan dasar dari proyek open-source Chromium yang sama dengan Google Chrome. Untuk mengetahui hidden features atau fitur rahasia Google Chrome, yuk simak penjelasannya berikut ini!

google

Sumber : Kompas

Memainkan Video Langsung dari Tab Browser

Tahukah kamu kalau Google Chrome ternyata punya fungsi mirip dengan audio atau video player? Kalau kamu punya file audio atau video yang ingin dibuka tapi di perangkatmu tidak ada aplikasi lain yang terinstal, Chrome bisa jadi opsi pemutar yang andal. Cukup drag file audio atau videonya pada salah satu tab yang sudah dibuka, maka secara otomatis Chrome akan memainkannya untukmu.

Memiliki Pemindai Malware Bawaan untuk Menjamin Keamanan Datamu

Fitur rahasia lain miliki Google Chrome yang jelas akan membuat aktivitas berselancarmu jadi semakin mudah adalah adanya pemindai malware. Untuk mengaktifkannya, kamu cukup membuka Setting dan memilih opsi Advanced. Di sini kamu bisa memilih untuk Reset and clean up kemudian Clean up Computer. Dengan langkah ini, Chrome akan memindai komputermu dengan benar. Jika ternyata ditemukan ada sesuatu yang mencurigakan, Chrome akan segera melaporkan dan membersihkannya.

Mode Incognito

Keamanan data pribadi adalah salah satu yang sering jadi korban ketika kamu menjelajah di internet. Jika kamu tidak ingin Chrome merekam aktivitasmu atau tidak mau pihak lain memanfaatkan datamu dengan tidak benar, kamu bisa berselancar di internet dengan menggunakan mode Incognito.

Untuk membuka mode Incognito atau penyamaran di Chrome, klik ikon 3 titik yang berada di sudut kanan atas browser lalu pilih New incognito window. Jika kamu menggunakan ponsel, ketik ikon yang sama di kanan bawah (untuk sistem operasi iOS) dan kanan atas (untuk sistem operasi Android) kemudian pilih New incognito window.

Perlu diingat bahwa mode penyamaran ini tidak akan bisa memblokir apa yang kamu lakukan di situs yang kamu kunjungi. Mereka masih bisa mencatat alamat IP-mu. Kalau kamu memang benar-benar ingin serius berselancar dengan privasi tinggi, kamu bisa memilih layanan VPN sebagai gantinya.

Berbagi Layar dengan Perangkat Lain (Cast)

Kamu mungkin sudah tahu kalau dengan Chromecast bisa mentransmisikan konten dan layanan video (misalnya dari Hulu atau Netflix) dari ponsel ke TV. Namun dengan Chrome, kamu juga bisa melakukan hal yang sama yakni membagikan apa yang kamu lihat di layar PC ke TV dengan memanfaatkan Cast bawaan dari Chrome.

Cara melakukannya adalah dengan mengeklik di mana saja pada halaman Google Chrome yang kamu buka dan pilih Cast. Kamu juga bisa mengaksesnya dengan ikon 3 titik di kanan atas. Pada jendela pop-up, pilih perangkat dengan kemampuan Chromecast yang kamu inginkan untuk tampil di jendela browser. Kamu juga bisa memilih untuk mentransmisikan file tertentu, tab atau seluruh desktop.

Untuk Membaca dengan Mudah, Manfaatkan Reader Mode

Kalau kamu hanya ingin membaca teks pada browser dan tidak ingin gambar atau iklan ditampilkan, kamu bisa mengaktifkan Reader mode. Caranya adalah dengan buka tab baru di Chrome kemudian ketik chrome://flags/#enable-reader-mode dan aktifkan mode pembaca. Setelah diaktifkan, semua halaman yang kompatibel secara otomatis akan ditampilkan dengan Reader mode

Itulah 5 fitur rahasia Google Chrome yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan aktivitasmu. Agar pengalaman berselancar semakin maksimal, kamu juga membutuhkan dukungan konektivitas yang mumpuni. Pastikan kamu mempercayakan urusan ISP kamu hanya pada Nusanet.id untuk kecepatan yang stabil setiap waktu.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *