6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dengan Mudah

July 1, 2021


Koneksi internet yang lambat pada gawai Android bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, masalah itu dapat dipicu oleh kuota internet yang mulai menipis. Kedua, hal tersebut juga bisa terjadi karena sinyal internet Anda yang tidak stabil. Namun, apabila kedua hal itu ternyata tidak terjadi pada perangkat pintar Anda, yuk coba tips ini untuk mempercepat koneksi internet Android!

1.    Rutin Menghapus Cache

Cache yang menumpuk di smartphone bisa memberatkan koneksi internet Anda. Karena itu, yuk rutin membersihkannya dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia di Google Play Store.

2.    Pasang Ad-Blocker

Memblokir iklan juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mempercepat kembali koneksi internet. Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi Ad Blocker yang bisa diunduh langsung di Play Store atau memasang browser, seperti Opera Mini dan UC browser, yang sudah dilengkapi teknologi pemblokiran iklan secara otomatis.

3.    Manfaatkan VPN

Selain sebagai alat pembuka situs yang diblokir, VPN juga bisa menjadi solusi untuk mempercepat akses internet yang tidak lancar. Namun untuk amannya, pilihlah aplikasi VPN dengan rating tinggi atau memiliki review bagus di Google Play Store.

4.    Gunakan Jaringan 3G Only atau 4G Only

Coba aktifkan salah satu mode jaringan internet cepat di perangkat Android Anda. Buka menu setting. Lalu pilih network mode, 4G atau 3G, untuk meningkatkan kecepatan internet. Tersedia pula aplikasi seperti 3G speed optimizer, yang sering dimanfaatkan untuk memperlancar akses internet.

5.    Nonaktifkan Mode Tethering

Dengan mengaktifkan fitur hotspot, Anda dapat mengubah smartphone menjadi semacam perangkat WiFi portable. Akan tetapi sayangnya, aktivitas tersebut bisa memberatkan koneksi internet Anda. Karena itu, sebaiknya nonaktifkan fitur tethering jika tidak begitu dibutuhkan.

6.    Pakai Pengaturan User Agent

Gunakan user agent pada browser untuk membuat akses internet jadi lebih cepat dan lancar. Jenis settingan ini sangat berguna dalam mengompres data dan membuat browser jadi lebih responsif dengan tampilan mobile.

Selain melakukan 6 tips tersebut, sebaiknya gunakan layanan internet provider yang terbukti dapat memenuhi kebutuhan internet Anda, seperti Nusanet. Berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang internet networking, Nusanet memastikan akses internet ke aplikasi iOS dan Android bebas buffering dengan memanfaatkan server CDN.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *