Apa itu FTP? Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerjanya

March 31, 2021

Saat mengelola sebuah website, Anda akan menemui banyak istilah yang kurang familier di telinga masyarakat awam. Salah satunya adalah FTP atau File Transfer Protocol. Keberadaan fitur ini dapat memudahkan proses pertukaran data sehingga tidak terbatas lokasi dan bisa dilakukan dari mana saja.

Pengertian FTP

File Transfer Protocol tidak lain merupakan layanan internet yang perancangannya dibuat agar user bisa terhubung secara langsung dengan server. Adanya koneksi tersebut dapat memungkinkan user untuk melakukan pengiriman data dari server ke komputer (download) atau dari komputer ke server (upload).

Koneksi via FTP tidak hanya memberi fungsi berkaitan dengan aktivitas upload dan download. Metode transfer data sederhana yang telah ada sejak tahun 1971 ini memungkinkan user untuk berbagi akses berkas dengan pengguna lain. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan file yang tersimpan di server.

Dalam penggunaannya, File Transfer Protocol dapat Anda lakukan tidak hanya di perangkat berbasis Windows, tetapi juga Linux dan Mac. Selain itu, Anda bisa memilih beragam jenis aplikasi File Transfer Protocol yang dapat dimanfaatkan, termasuk di antaranya adalah FileZilla, Cyberduck, Transmit, serta FireFTP.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Pemakaian metode File Transfer Protocol memang memberi kemudahan dalam proses pengiriman data. Namun, Anda perlu tahu bahwa kalau teknik ini tidak sempurna, ada kelebihan dan kekurangannya yang harus diperhatikan.

Beberapa kelebihan metode FTP di antaranya adalah:

  • Kemampuan mengirim data dalam jumlah besar. Anda dapat mentransfer data dalam satu berkas utuh, tidak perlu dipecah-pecah dalam beberapa bagian.
  • Meningkatkan alur kerja. FTP memungkinkan Anda mengirim data ke beberapa direktori secara bersamaan.
  • Pengulangan transfer data. Kalau pengiriman data mengalami interupsi, Anda bisa mengulanginya tanpa ada harus memulai dari awal.
  • Backup data. Penyimpanan berkas di server disertai dengan backup secara rutin. Dengan begitu, Anda tidak khawatir berkas penting hilang.

Meski begitu, ada beberapa kekurangan kelemahan atau kekurangan FTP yang perlu Anda cermati, yaitu:

  • Tingkat keamanan minim. Metode pengiriman data ini rawan serangan hacker, terutama dengan teknik spoofing atau brute force. Apalagi, kalau vendor FTP yang Anda gunakan tak menyediakan fitur keamanan lengkap.
  • Pengawasan aktivitas yang sulit. Anda akan mengalami kesulitan untuk mengetahui siapa saja yang telah mengakses atau mengunggah berkas.

Demikianlah pengetahuan yang perlu Anda ketahui terkait File Transfer Protocol. Semoga bermanfaat, ya.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *