Apa itu Router Mikrotik?

September 28, 2018

Router Mikrotik atau Mikrotik RouterOS, adalah sebuah sistem operasi yang berbasis linux. Sistem operasi ini berguna untuk merubah sebuah komputer menjadi router network.

Fungsi Router Mikrotik?

Sistem operasi ini memiliki fungsi utama sebagai router network, selain itu, ia juga memiliki beberapa fungsi yang lain yang berguna untuk menjalankan beberapa aplikasi, yakni :

1. Menjalankan aplikasi kapasitas akses atau bandwith manajemen.

Merupakan aplikasi yang menunjukkan berapa besar data yang mampu dilewatkan sebuah router untuk menghubungkan pada perangkat internet yang lain. Mikrotik memiliki fungsi untuk mengatur kapasitas akses tersebut dan melihat lalu lintas pada bandwith tersebut.

2. Menjalankan aplikasi firewall.

Seperti yang anda tahu, firewall berfungsi sebagai pelindung jaringan dan komputer yang terlibat dalam jaringan tersebut. Mikrotik Router memiliki kemampuan untuk men-setting firewall anda sehingga anda tahu mana yang bisa masuk ke dalam jaringan anda dan mana yang sekiranya membahayakan untuk jaringan pada komputer anda.

3. Menjalankan aplikasi WiFi

Seperti yang anda tahu, wifi kini sudah begitu banyak tersebar di banyak tempat. Akan tetapi, untuk mengatur siapa saja yang boleh memiliki akses pada jaringan WiFi tersebut, mestilah ada operating system yang mengaturnya. Router Mikrotik memiliki kemampuan tersebut.

4. Menjalankan sistem hotspot.

Kurang lebih ia memiliki fungsi yang sama seperti WiFi. Hotspot lebih condong pada tempat yang memiliki WiFi. Dengan memakai Router Mikrotik, maka anda bisa mengakses WiFi dari laptop atau gadget anda yang lain tanpa kabel.

Selain empat fungsi yang ada di atas, Router mikrotik memiliki banyak fungsi lain yang lebih kompleks. Kurang lebih, semua hal yang berhubungan dengan jaringan internet, mikrotik RouterOS memiliki kemampuan untuk mengakses semuanya secara utuh. Demikian artikel mengenai Fungsi Router Mikrotik. Semoga bermanfaat!

Sumber: dosen IT

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *