Cara Mudah Mengatasi Your Connection is Not Secure!

April 9, 2021

Kemunculan peringatan Your Connection is Not Secure atau Your Connection is Not Private saat berselancar di internet sangat mengganggu. Saat mendapati pesan seperti ini, banyak orang yang beranggapan kalau website yang dikunjunginya tidak aman atau berbahaya. Padahal, faktanya tidak selalu seperti itu.

Peringatan seperti Your Connection is Note Secure atau Private dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Solusinya pun bisa berbeda-beda disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ini, berikut ini adalah lima metode yang bisa dilakukan:

1. Menyesuaikan pengaturan waktu dan tanggal di komputer

Solusi pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membenarkan pengaturan waktu dan tanggal komputer. Cara mengubah jam dan tanggal di komputer Windows cukup praktis. Anda bisa mengaturnya pada opsi otomatis di halaman Settings > Date & Time.

2. Nonaktifkan antivirus

Peringatan Your Connection is Not Secure dapat pula disebabkan karena aplikasi antivirus yang terlalu sensitif. Untuk itu, Anda bisa menyelesaikan problem ini cukup dengan mematikan fitur scan https atau menonaktifkan antivirus sementara.

3. Ekstensi bermasalah

Pemakaian add on atau ekstensi pada aplikasi browser juga berpotensi memunculkan peringatan Your Connection is Not Secure. Bagaimana cara mengatasinya? Solusinya mudah, Anda tinggal menonaktifkan ekstensi tersebut atau menghapusnya.

4. Sistem operasi jadul

Kemunculan pesan Your Connection is Not Secure saat mengunjungi website tertentu dapat pula disebabkan karena sistem operasi lawas. Perlu Anda ketahui, sistem operasi seperti Windows XP, Vista, atau Mac OS X 10.6, 10.7, dan 10.8 sudah tidak lagi memperoleh dukungan dari Google Chrome.

5. Sertifikat SSL kedaluwarsa

Terakhir, peringatan Your Connection is Not Secure dapat muncul karena sertifikat SSL website yang kedaluwarsa atau tidak valid. Kalau Anda berposisi sebagai pengunjung, tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Kalau Anda berposisi sebagai pemilik website, solusi mengatasi masalah sertifikat SSL kedaluwarsa tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan pemasangan sertifikat SSL. Anda dapat memilih sertifikat SSL yang gratis atau berbayar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Demikianlah lima solusi yang dapat Anda terapkan kalau berhadapan dengan peringatan Your Connection is Not Secure. Semoga bermanfaat, ya.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *