Dampak Jaringan Internet yang Tidak Stabil untuk Bisnis Anda

November 16, 2021

Pastikan kecepatan koneksi internet Anda mendukung produktivitas bisnis. Simak dampak negatif jaringan internet yang buruk berikut ini!

Sumber : Wowkeren.com

Saat ini hampir semua bisnis di semua sektor membutuhkan internet untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Bahkan bisnis kecil sekelas warung kopi juga menyediakan WiFi gratis untuk mengundang lebih banyak pengunjung. Dengan menyediakan layanan internet yang mumpuni, bukan hanya pihak internal saja yang memperoleh keuntungan, tapi juga para pelanggan Anda.

Koneksi internet yang buruk bisa merusak reputasi bisnis Anda. Bagi pengusaha restoran atau kafe, kecepatan internet kadang memengaruhi persepsi konsumen secara langsung. Ada beberapa dampak jaringan internet yang tidak stabil untuk bisnis Anda. Apa saja?

Pelanggan Mencari Jaringan Internet yang Cepat dan Stabil

Sumber : Biznetnetwork.com

Melakukan upgrade kualitas jaringan internet adalah sebuah investasi untuk menjaga loyalitas konsumen. Kecepatan dan kestabilan internet bukan sekadar kelebihan tapi juga standar bagi sebuah bisnis. Jika konsumen Anda menemukan kompetitor dengan layanan WiFi yang lebih mumpuni, mereka tidak akan ragu untuk berpindah. Anda tentu tidak mau mereka beralih, bukan?

Internet yang Lambat akan Membuat Aplikasi yang Anda Gunakan Menjadi Lambat

dampak jaringan internet lama

Sumber : Pelitabanten.com

Internet yang lambat juga akan memperlambat produktivitas. Apa pun platform atau aplikasi yang Anda gunakan, baik itu Office 365 atau Google Workspace, Anda membutuhkan internet yang stabil. Dengan jaringan yang stabil, kolaborasi hingga pertukaran file bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Artinya, produktivitas bisnis Anda juga akan terjaga.

Membuat Kinerja Layanan Pelanggan Menurun

Sumber : Maxmanroe.com

Customer service atau layanan pelanggan tidak hanya dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah secara tepat, tapi juga cepat. Meski layanan pelanggan bisa dilakukan lewat telepon, tapi saat ini banyak bisnis menggantungkan diri pada internet. Beragam layanan digital yang memudahkan hanya bisa diberikan jika Anda memiliki koneksi internet yang andal.

Kesulitan untuk Mengakses Layanan Cloud

Sumber : Binus.ac.id

Layanan cloud atau komputasi awan saat ini menjadi pilihan bagi banyak bisnis untuk menyimpan dan berbagi file. Berdasarkan data yang dilansir dari iTel.com, sebanyak 87% perusahaan memercayakan setidaknya satu beban kerja yang sangat penting pada sistem cloud. Berbagai aplikasi seperti PoS (Point of Sale) atau Google Drive sangat bergantung pada koneksi yang kuat untuk bisa beroperasi dengan optimal. Jadi meskipun perusahaan Anda punya layanan cloud yang andal, tanpa adanya internet yang mumpuni, produktivitas tetap tidak akan maksimal.

Penurunan Produktivitas dan Semangat Kerja Para Karyawan

Sumber : Okezone.com

Koneksi internet yang tidak stabil bisa berakhir menurunkan moral dan semangat kerja karyawan. Bayangkan saja bagaimana perasaan Anda ketika pekerjaan yang seharusnya bisa diselesaikan dalam 5 menit, harus tertunda menjadi setengah jam karena internet yang lambat? Jika berlangsung lama, lingkungan kerja seperti ini bisa memicu rasa frustrasi di tempat kerja.

Koneksi internet menurunkan produktivitas karyawan secara langsung karena mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengirim email, membuat halaman dan mengunduh lampiran. Untuk menghindari hal-hal semacam ini, mulailah pertimbangkan untuk melakukan upgrade koneksi internet Anda sekarang juga.

Mempengaruhi Pengalaman Pelanggan 

Sumber : Aqi.co.id

Dampak lain dari koneksi internet yang lambat dan tidak stabil adalah pengalaman pengguna saat mereka mengakses situs perusahaan. Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh i-ras.co.uk, sebanyak 57% pengguna akan meninggalkan sebuah halaman situs jika mereka tidak bisa membukanya dalam 3 detik. Keterlambatan 3 detik saja akan menyebabkan penurunan konversi sebanyak 7%.

Keterlambatan respons saat mengakses halaman akan membuat pelanggan berpindah ke vendor lain. Artinya, pendapatan bisnis Anda juga akan menurun.

Ada banyak sekali faktor yang bisa membuat bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor. Salah satunya adalah ketersediaan jaringan dan koneksi internet yang mumpuni. Nusanet Internet Solution Provider siap membantu Anda meningkatkan produktivitas bisnis dengan penyediaan layanan internet dengan koneksi terbaik. Berpengalaman selama lebih dari 20 tahun di bidang web hosting dan design company, Nusanet kini siap menjadi ISP dengan layanan mumpuni bagi bisnis di segala sektor.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *