Mengenali Fitur Rahasia Google Drive yang Jarang Diketahui Orang

April 5, 2021

Anda tentu sudah sangat familier dengan Google Drive, kan? Layanan ini merupakan solusi penyimpanan berbasis cloud yang bisa Anda dapatkan secara gratis dari Google. Kapasitasnya pun cukup besar, bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan data sebanyak 15 GB.

Namun, tahukah Anda kalau GDrive mempunyai banyak fitur rahasia yang tidak diketahui oleh banyak orang. Padahal, fitur-fitur tersebut cukup bermanfaat dan bisa membuat Anda memaksimalkan fasilitas gratis yang diberikan oleh Google. Apa saja fitur rahasia tersebut? Berikut ini adalah lima di antaranya:

1. Voice typing

Tentu Anda sudah sangat familier dengan fitur voice search atau pencarian menggunakan suara search engine Google. Cukup dengan mengucapkan kata tertentu, Anda sudah bisa mendapatkan hasil pencarian yang sesuai. Namun, tahukah Anda kalau fitur semacam ini bisa pula Anda lakukan di GDrive?

Google drive mempunyai fitur bernama voice typing yang memberi kemudahan ketika anda ingin menulis di google docs. Anda bisa menulis cukup dengan menggunakan suara. Kabar baiknya, fitur voice typing ini tidak hanya bekerja untuk bahasa Inggris, tetapi untuk bahasa lainnya, termasuk bahasa Indonesia.

2. Attach file

Biasanya, lampiran file untuk email diunggah melalui komputer. Selain perlu menunggu proses upload, Anda juga dibatasi oleh ukuran file. GDrive bisa membantu Anda mengatasi permasalahan ini. Alih-alih mengunggah berkas, Anda bisa mengirim email Gmail dengan file attachment dari Gdrive. Praktis.

3. Akses file offline

GDrive memang menawarkan sarana penyimpanan data online. Meski begitu, Anda bisa pula mengakses data yang ada di dalamnya secara offline. Keberadaan fitur ini membuat Anda bisa membuka atau mengedit berbagai jenis berkas di Google Drive meski tidak terhubung internet.

4. Filter pencarian

Mencari berkas di GDrive sangat praktis. Anda cukup mengetikkan nama file di kolom pencarian. Untuk mempercepat proses pencarian, Anda bisa memanfaatkan filter yang bisa dijumpai dengan menekan tombol dropdown di kolom pencarian. Sederhana, tetapi fungsinya sangat bermanfaat.

5. Konversi text image menjadi file dokumen

GDrive memiliki teknologi optical character recognition (OCR) yang dapat Anda pakai untuk mengubah gambar menjadi file teks. Teknologi ini sangat berguna seperti ketika Anda ingin mengubah hasil scan buku menjadi tulisan. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengeditan tulisan secara bebas.

Menarik, kan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *