Tips Agar Postingan Blog Tidak Bisa Di Copy Paste

March 20, 2021

Tips Agar Postingan Blog Tidak Bisa Di Copy Paste

Plagiasi menjadi permasalahan yang kerap mengganggu para blogger. Konten blog yang telah dibuat secara serius dan butuh riset mendalam, tiba-tiba di-copy paste orang lain. Kejadian seperti ini tentu sangat menjengkelkan, apalagi kalau terjadi secara terus-menerus. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan proteksi agar konten tak diplagiasi oleh orang lain.

Aksi pencurian atau copy paste konten blog dapat dilakukan secara manual atau otomatis. Salah satu contoh praktik pencurian seperti ini adalah website auto generate content (AGC). Website AGC memanfaatkan bot yang bekerja secara otomatis untuk melakukan copy paste pada situs yang telah menjadi targetnya. Untuk melindungi blog WordPress Anda dari praktik-praktik merugikan seperti itu, terdapat lima tips yang bisa dipraktikkan, yaitu:

  1. Beri peringatan
    Cara yang pertama, Anda dapat menuliskan kalimat peringatan di bagian footer atau halaman khusus seperti Terms of Service (TOS). Di situ, tuliskan bahwa setiap konten yang Anda miliki dilindungi oleh undang-undang. Oleh karena itu, Anda punya hak melakukan tuntutan hukum kepada pihak yang terbukti melakukan copy paste.
  2. Pasang widget DMCA
    Anda bisa pula memilih untuk memasang widget Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Anda bisa melakukan pendaftaran secara gratis, dan penggunaannya cukup efektif dalam mengurangi potensi terjadinya aksi copy paste.
  3. Syarat mencantumkan tautan
    Tips ketiga, Anda dapat menetapkan aturan tentang kewajiban menyertakan link bagi siapa saja yang ingin meng-copy paste artikel.
  4. Menggunakan CSS
    Kalau ketiga tips tersebut tidak efektif, Anda dapat melakukan pencegahan aksi copy paste konten blog dengan memanfaatkan CSS. Caranya, Anda perlu melakukan kustomisasi kode CSS WordPress, dapat dilakukan dengan menuju ke Appearance > Customize > Additional CSS. Selanjutnya, masukkan kode CSS yang Anda dapatkan dari tautan berikut.
  5. Gunakan plugin
    Cara terakhir, Anda dapat menggunakan plugin yang mencegah pelaku copy paste konten blog WordPress. Salah satu rekomendasinya adalah WP Content Copy Protection & No Right Click. Setelah menginstal plugin ini, setiap pengunjung tidak akan diperbolehkan mengklik kanan atau melakukan tindakan pencurian konten.Nah, itulah lima tips yang dapat Anda coba kalau ingin mencegah praktik copy paste dan pencurian konten blog. Selamat mencoba, ya!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *