Tips Mudah Agar Design Konten Instagram Menarik dengan Canva

June 21, 2022

Mau bikin konten Instagram dengan mudah dan lebih menarik? Canva adalah solusinya. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Canva merupakan platform desain grafis asal Australia yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2012 silam. Canva menjadi salah satu aplikasi yang populer terutama di kalangan individu yang kerap berhubungan dengan grafik media sosial, kartu nama, dan presentasi. Canva membantu banyak orang untuk menghemat waktu dan uang serta memungkinkan siapa saja membuat desain grafis yang kelihatan profesional tanpa harus belajar tools design dengan komputer yang mahal.

Bagi kamu yang ingin membuat konten Instagram yang menarik, baik untuk tujuan personal branding maupun business branding, Canva adalah pilihan yang menarik untuk dicoba. Simak beberapa tips membuat konten Instagram yang menarik dengan Canva berikut ini!

Ketahui Cara Membuat Postingan Instagram di Canva

canva

Sumber : Sunglow Mama

Untuk membuat postingan yang menarik, pertama-tama kamu harus login ke akun Canva-mu terlebih dahulu. Selanjutnya pada halaman situs, kamu akan menemukan tab Template. Klik pada bagian itu. Pada menu drop-down, buka kategori Social media dan pilih jenis desain Instagram yang ingin kamu buat. Di awal, kamu akan menemukan 2 opsi yakni:

  • Postingan feed Instagram
  • Instagram Story

Anggaplah kamu akan membuat postingan Instagram, ketuk pada bagian Instagram Posts. Selanjutnya pilih template mana yang ingin kamu gunakan. Pastikan kamu menekan tombol Customize pada bagian template yang sudah dipilih. Kamu akan diarahkan ke halaman editor, tempat kamu bisa menyesuaikan desain sesuai yang kamu inginkan. 

Untuk mempercepat proses desain, pertama-tama kamu bisa menambahkan hingga 7 template sesuai dengan tema yang kamu rencanakan. Caranya, ketuk di bagian Add a page kemudian, kemudian buka galeri template di menu sebelah kiri dan pilih template lain. Ulangi langkah-langkah sebelumnya sampai kamu membuat 7 halaman. Dengan cara ini, kamu sudah punya cukup postingan untuk dibagikan di Instagram selama seminggu.

Pada bagian kanan bawah editor, klik pilihan Page manager sehingga kamu bisa melihat semua halaman desain yang sudah kamu buat. Setelah keluar dari halaman ini, kamu bisa mulai mengedit semua elemen pada desain yang kamu pilih mulai dari teks, warna dan lain sebagainya sesuai dengan gaya dan branding yang kamu inginkan.

Posting Kontenmu di Instagram Langsung dari Canva

Sumber : Pinterest

Ketika kamu membuat desain konten Instagram dari Canva, kamu punya dua opsi untuk publikasi: publikasikan sekarang atau posting dengan cara menjadwalkannya terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa hanya akun Instagram business yang bisa melakukannya. Jadi kalau akunmu masih akun kreator, kamu harus mengubahnya ke mode business. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  • Klik ikon tiga titik pada halaman editor
  • Temukan ikon Instagram Business dan klik
  • Kalau akun Instagram Business kamu belum terhubung, ikuti langkah menghubungkannya pada bagian instruksi
  • Setelah berhasil, pilih halaman postingan yang ingin dipublikasikan
  • Kalau ingin menambahkan caption, kamu bisa mengetikkannya di kotak yang tersedia. Di halaman ini juga kamu bisa menambahkan sampai 20 hashtag atau tanda pagar agar postinganmu bisa menjangkau audiens yang kamu inginkan
  • Klik Publish now dan postinganmu sudah bisa langsung meluncur dari Canva ke Instagram kamu.

Setelah prosesnya berhasil, kamu bisa melihat tautan yang menunjukkan tampilan postingan yang baru tamu publikasikan di Instagram. 

Pada dasarnya dengan versi gratis Canva kamu sudah bisa mendapatkan sejumlah kemudahan antara lain:

  • Tersedia banyak sekali pilihan template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan
  • Ratusan elemen, ikon dan grafis yang bisa dipilih
  • Interface-nya sangat ramah pengguna, bahkan bisa dengan mudah dijalankan oleh orang yang tidak pernah belajar desain grafis sekalipun.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat posting Instagram yang menarik dengan menggunakan Canva. Kalau kamu menginginkan fitur yang premium, kamu bisa berlangganan canva versi Pro. 

Agar pengalaman mendesain semakin lancar, kamu juga membutuhkan akses internet yang mumpuni. Nusanet dengan pengalaman puluhan tahun hadir dengan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh ISP lain yakni Speed, Stability, Secure dan Support 24 Hours. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan dukungan terbaik jaringan internetmu!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *