Tips Mengamankan Jaringan WiFi Rumah dari Serangan Hacker

January 10, 2022

Ancaman hacker bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Ini tujuh tips jitu mengamankan jaringan WiFi rumah dari serangan hacker. 

hacker

tips mengamankan jaringan wifi rumah

Sumber : Wong Unik

Memiliki akses internet WiFi di rumah memberi banyak keuntungan. Kamu dapat menyediakan kebutuhan informasi melalui internet untuk seluruh anggota keluarga. Hanya saja, kamu juga perlu waspada dan menjaga keamanan jaringan internet dari ancaman serangan hacker

Ada dua cara yang menjadi metode seorang hacker dalam membobol jaringan internet. Pertama, mereka memanfaatkan pengetahuan awam pemilik jaringan. Kedua, hacker menggunakan teknik yang canggih dalam memanfaatkan celah teknologi.

Tips Mengamankan Jaringan WiFi dan Mengantisipasi Serangan Hacker

wifi

Sumber : Idn Times

Untuk mengantisipasi serangan hacker dan mengamankan jaringan internet WiFi di rumah, ada tujuh tips penting yang bisa kamu praktikkan, yaitu: 

1. Gunakan Pasword yang Kuat dan Unik

Tips pertama dalam mengamankan jaringan internet WiFi adalah lewat pengaturan password-nya. Hindari pemakaian password yang gampang ditebak, seperti tanggal lahir, 111111, 123456, qwerty, dan lain sebagainya. Sebagai gantinya, buat password yang merupakan kombinasi antara huruf, angka, dan simbol. 

Untuk pengamanan jaringan internet WiFi, ada dua jenis password yang perlu kamu atur. Pertama adalah password WiFi. Kedua adalah password admin router. Secara default, router biasanya menggunakan kombinasi user dan password ‘admin’. Biasanya, pemilik jaringan WiFi yang awam memilih untuk membiarkan password admin router dalam keadaan default. 

2. Tempatkan Router di Lokasi yang Aman

Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah terkait penempatan router. Pastikan bahwa lokasi router aman dan tidak mudah dijangkau oleh orang asing. Oleh karena itu, hindari penempatan router bagian depan rumah. Sebagai gantinya, letakkan router di bagian dalam rumah ataupun di dalam kamar. 

3. Nonaktifkan Fitur Remote Access

Keberadaan fasilitas remote access bermanfaat untuk bisa menjalankan dan mengelola router dari jarak jauh. Pada beberapa kondisi, remote access menawarkan banyak kemudahan. Hanya saja, keberadaan fitur ini memberi peluang bagi hacker untuk mengambil alih jaringan WiFi. 

Hacker bisa mengakses jaringan WiFi dengan memanfaatkan bot untuk membobol jaringan WiFi via remote access. Para ahli cyber security pun menyarankan untuk mematikan fitur remote access sebagai upaya mengamankan jaringan WiFi di rumah. 

4. Sembunyikan Jaringan WiFi

Untuk alasan keamanan, pertimbangkan untuk menyembunyikan Service Set Identifier (SSID) atau jaringan WiFi. Upaya ini dapat kamu lakukan untuk membatasi akses internet WiFi. Tanpa mengetahui nama SSID, seseorang bakal kesulitan dalam mengakses jaringan. Alhasil, hacker pun bakal mengalami kesulitan ketika ingin membobol jaringan WiFi kamu. 

5. Batasi Jangkauan Sinyal WiFi

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengamankan jaringan WiFi rumah adalah mengatur jangkauan sinyal. Sinyal WiFi yang kuat membuat kamu bisa mengaksesnya dari jarak yang jauh. Hal ini memang memberi keuntungan. Di waktu yang sama, sinyal kuat juga membuka peluang bagi hacker untuk membobol jaringan WiFi kamu. 

Jadi, pertimbangkan untuk membatasi sinyal WiFi di rumah. Caranya mudah. Kamu hanya tinggal mengatur kekuatan sinyal kurang dari 100%. Di waktu bersamaan, pastikan kalau seluruh anggota keluarga di rumah tidak mengalami kesulitan menerima sinyal WiFi internet. 

6. Aktifkan MAC Filtering

Solusi berikutnya yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan keamanan jaringan WiFi di rumah adalah dengan memanfaat fitur MAC filtering. Fitur ini dapat membantu kamu dalam mengatur siapa saja yang bisa mengakses jaringan WiFi. 

Perlu kamu ketahui, setiap perangkat elektronik yang memiliki alamat MAC unik dan berbeda-beda. Kamu pun bisa menggunakannya untuk mengenali setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Selanjutnya, kamu bisa memilih untuk memperbolehkan atau memblokir perangkat tersebut. 

7. Jangan Sembarangan Menggunakan WiFi di Tempat Umum

Tips terakhir, kamu perlu waspada ketika terbiasa menggunakan WiFi di tempat umum. Tidak semua jaringan WiFi publik disertai dengan perlindungan terhadap data penting para penggunanya. Tak menutup kemungkinan, ada hacker yang berupaya memanfaatkan WiFi publik sebagai sarana mencari korban. 

Sebagai solusinya, hindari kebiasaan memakai WiFi publik secara sembarangan. Biasakan untuk hanya menggunakan jaringan WiFi publik yang dapat dipercaya. Sebagai tambahan, matikan fitur WiFi connecting otomatis. 

Nah, itulah tujuh tips penting yang bisa kamu praktikkan sebagai upaya mengamankan jaringan WiFi rumah. Untuk solusi layanan internet WiFi yang andal, kamu bisa memanfaatkan Nusanet. Banyak pilihan paketnya, lho!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *