Trik Amankan Website dari Serangan Malware

May 19, 2021

Malware merupakan perangkat lunak berbahaya yang biasa menyerang website. Meskipun berbeda, malware adalah istilah umum untuk virus, worm, trojan, dan program komputer berbahaya lainnya yang digunakan peretas untuk merusak dan mendapatkan akses ke informasi sensitif. Dengan kata lain, perangkat lunak diidentifikasi sebagai malware berdasarkan tujuan penggunaannya, bukan teknik atau teknologi tertentu yang digunakan untuk membuatnya.

Bahaya Malware

Mengingat penyebaran malware umumnya melalui koneksi internet dan rentan menyerang server, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, serangan malware dapat menyebabkan beragam kerusakan, seperti mengubah tampilan sebuah website, pencurian akses login situs, pencurian data penting, menurunkan peringkat Search Engine Result Page, dan menyebabkan browser memuat beragam iklan aneh.

Mengamankan Website Dari Serangan Malware

Setelah mengetahui bahaya serangan malware, ada baiknya untuk melakukan antisipasi sebelum hal tersebut terjadi. Lantas, bagaimana mengamankan website dari serangan malware? Simak triknya berikut ini!

  • Hindari menginstal plugin bajakan. Pilih plugin dari developer tepercaya untuk meminimalisasi risiko terkena serangan malware. Lakukan pembaruan setiap kali versi terbaru tersedia.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan tema premium. Meskipun berbayar, tema premium dinilai lebih aman dari serangan malware dibandingkan tema gratisan.
  • Berhati-hatilah saat melakukan instalasi atau mengeksekusi kode software yang diunduh secara gratis.
  • Jika Anda menggunakan situs berbasis WordPress, maka gunakan plugin Wordfence untuk mengatasi malware. Plugin ini dapat memindai virus dan melenyapkannya hingga tuntas.
  • Apabila situs Anda terkena serangan malware dan tidak dapat diakses serta menampilkan halaman bertuliskan “The Site Ahead Contains Harmful Programs Error”, gunakan tool Sucuri untuk membersihkan virus. Selain menghapus malware, tool ini juga dapat mendeteksi file yang terinfeksi pada situs Anda.

Dengan menerapkan sejumlah trik di atas, website Anda akan bebas dan aman dari serangan malware. Tingkatkan kecepatan akses situs dengan menggunakan layanan dari Nusanet Bali. Nikmati akses internet yang cepat dan stabil. Tak perlu cemas mengenai keamanan karena Nusanet Bali menggunakan DNS dan proteksi email. Tunggu apa lagi? Ayo, gunakan layanan Nusanet Bali untuk kelancaran bisnis Anda!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *