Website Tidak Bisa Diakses? Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya

April 7, 2021

Memiliki website memang memberi banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis online. Namun, Anda juga perlu siap menghadapi berbagai permasalahan teknis yang kerap muncul. Salah satunya adalah ketika situs tidak bisa diakses. Akibatnya, terdapat penurunan jumlah visitor yang cukup drastis.

Permasalahan seperti ini cukup sering dihadapi oleh para pebisnis online. Penyebabnya bisa sangat bervariasi. Sebagai pemilik web, Anda perlu menyelesaikan problem ini secepatnya, sehingga tidak menimbulkan kerugian besar.

Terdapat lima solusi yang bisa Anda lakukan kalau menghadapi masalah website tak bisa diakses, yaitu:

1. Flush DNS

Metode pertama, Anda dapat mencoba mengakses web dengan terlebih dahulu flush cache DNS. Untuk melakukannya cukup mudah. Anda bisa membuka box Run dengan cara menekan tombol Windows dan R. Setelah itu, ketikkan ipconfig /flushdns dan tekan enter.

2. Reset TCP/IP

Pilihan cara yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah dengan me-reset TCP/IP komputer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan Search Windows dan ketikkan “CMD” atau “Command Prompt”
  • Klik kanan Command Prompt dan pilih opsi Run as Administrator, pilih opsi Yes
  • Di jendela Command Prompt, ketik “netsh int ip reset” dan tekan tombol enter
  • Restart komputer

3. Cek spyware

Anda bisa pula mengecek kemungkinan adanya spyware yang memodifikasi file HOSTS. Proses pengecekan bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Start > Run
  • Ketikkan “C:\windows\system32\drivers\etc”
  • Buka berkas HOSTS menggunakan Notepad atau Wordpad
  • Cari entri semacam “0 pagead.googlesyndication.com” atau “0.0.0.0 ad.doubleclick.net”. Entri ini fungsinya memblokir akses ke website. Hapus entri tersebut

4. Buka akses firewall

Tak menutup kemungkinan Anda tak bisa mengakses web karena terblokir oleh aplikasi firewall. Nonaktifkan fitur pemblokiran tersebut. Cara menonaktifkan fitur tersebut bervariasi ditentukan oleh aplikasi yang Anda gunakan.

5. SSL error

Terkadang, Anda bakal menemukan masalah website tak bisa dibuka yang berkaitan dengan sertifikat SSL. Penyebabnya bisa bervariasi, seperti sertifikat SSL kedaluarsa, kalender komputer, blokir antivirus, atau aplikasi browser lawas.

Solusi untuk permasalahan ini bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Anda dapat memperoleh update aplikasi browser terbaru. Selain itu, pastikan pula untuk membersihkan cache dan cookies browser. Sebagai tambahan, Anda bisa hapus SSL state, membenarkan kalender, atau menonaktifkan antivirus sementara.

Nah, itulah berbagai solusi yang bisa Anda praktikkan kalau berhadapan dengan problem website tak bisa diakses. Semoga bermanfaat.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *