Apa Itu Bug dan Berbagai Penyebabnya?

May 10, 2021

Pesatnya perkembangan IT membuat sejumlah developer berlomba dalam menciptakan beragam software. Namun, terkadang terjadi kesalahan selama proses pembuatan perangkat lunak tersebut. Meskipun, sudah dilakukan tes uji coba secara menyeluruh sebelum perilisan software, perangkat lunak baru kerap memiliki masalah bug yang cukup menganggu. Bahkan, dapat membahayakan keamanan data penggunanya.

Apa itu Bug?

Istilah bug sudah dipakai sejak tahun 1940 ketika komputer yang diuji sejumlah mahasiswa Harvard tidak berjalan normal. Bug merupakan penyebab perangkat lunak salah dalam menanggapi perintah, merespons, dan mengalami kegagalan program.

Penyebab Bug

Terjadinya bug pada perangkat lunak merupakan konsekuensi dari sejumlah faktor yang disebabkan kesalahan manusia saat praktik pengkodean maupun penggunaan alat selama proses pembuatan software. Agar lebih jelas, simak penyebab bug berikut ini.

Masalah Komunikasi

Miskomunikasi selama proses pengembangan perangkat lunak, mulai dari pengumpulan persyaratan, interpretasi, dokumentasi, hingga terjemahan dapat menyebabkan kerusakan pada software.

Kesalahan Manusia

Manusia rentan melakukan kesalahan. Meskipun, pada proses pembuatannya dilakukan secara hati-hati, terkadang produk yang dikembangkan kurang sempurna sehingga terjadi kesalahan atau bug pada perangkat lunak.

Waktu Pengerjaan Terbatas

Kurangnya waktu yang memadai juga memengaruhi kualitas aplikasi yang dihasilkan. Waktu pengerjaan terbatas dapat menyebabkan pengembang kehilangan beberapa celah penting dalam fungsi dasar produk. Jika tenggat waktu pengerjaan semakin dekat, maka sering kali tim penguji tidak dapat menjalankan semua pengujian tepat waktu. Tim pengembang juga kesulitan dalam memperbaiki semua kerusakan yang dilaporkan oleh tim penguji.

Kurangnya Pengalaman

Tak dapat dimungkiri bahwa pengalaman tim pengembang dan penguji menjadi hal yang diperhitungkan lantaran menentukan kualitas produk. Cukup banyak kasus bug parah terjadi karena kurangnya pengalaman tim inti, seperti melewatkan detail penting sehingga menyebabkan masalah pada software.

Pemutakhiran Versi

Masalah bug setelah pemutakhiran versi software biasanya dikarenakan adanya tahap yang terlewati saat pengujian setiap modul perangkat lunak oleh tim penguji.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bug dan penyebabnya yang perlu untuk diketahui.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *