Generasi WiFi Terbaru, Berikut 6 Keunggulan WiFi 6

April 27, 2022

Menerapkan sejumlah perubahan pada teknologi, WiFi 6 diklaim sebagai high efficiency wireless. Apa saja kelebihannya? Simak penjelasannya berikut ini!

wifi 6

Sumber : Blog Avenger

Makin banyaknya aktivitas yang dilakukan secara online membuat kebutuhan akan jaringan WiFi yang mumpuni juga kian besar. Teknologi WiFi 6 hadir sebagai jawaban bagi Anda yang membutuhkan sambungan internet nirkabel yang mumpuni.

WiFi 6 atau WiFi Certified 6 didesain menggunakan standar IEEE 802.11ax. Teknologi teranyar ini menawarkan kapasitas, efisiensi, jangkauan dan kinerja bagi para pengguna masa kini. Menekankan konektivitas berkualitas pada satu lokasi dengan ratusan bahkan ribuan perangkat yang terhubung, banyak orang mulai menggunakan WiFi 6 untuk kebutuhan perusahaan atau pribadi. Sebenarnya, apa saja kelebihan teknologi WiFi 6 dibanding pendahulunya?

Sumber : Kedington

  • Kecepatan yang Lebih Tinggi

Keunggulan pertama dari WiFi 6 adalah kecepatan yang ditawarkan. Teknologi internet dengan standar baru ini diperkirakan lebih tinggi sampai 40% dari generasi sebelumnya. Kecepatan transmisi data ini diperoleh dengan sistem pengkodean data yang efisien. Caranya adalah dengan mengemas lebih banyak potongan data ke dalam gelombang radio yang sama.

  • Bandwidth yang Lebih Besar untuk Semua Pengguna

Karena kecepatan yang lebih tinggi, WiFi 6 juga menawarkan nilai bandwidth keseluruhan yang lebih besar untuk semua pengguna yang terhubung ke jaringan. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas seperti streaming virtual reality atau menikmati video ultra-HD dengan koneksi mulus.

  • Mendukung Lebih Banyak Perangkat

Salah satu fitur dalam WiFi 6 yakni Orthogonal Frequency Division Multiple Access, Anda juga bisa menghubungkan lebih banyak perangkat ke jaringan. Secara ringkas, teknologi ini bisa mengklasifikasikan satu saluran nirkabel menjadi beberapa sub-saluran dan masing-masing sub-saluran memiliki kemampuan membawa data untuk perangkat berbeda.

Dukungan multi-user multiple input, multiple output (multi-user MIMO) memungkinkan lebih banyak data untuk ditransfer pada satu waktu. Ini membuat titik akses (AP) bisa menangani lebih banyak perangkat secara bersamaan dibanding generasi sebelumnya. Bagi perusahaan yang menggunakan banyak peralatan IoT, WiFi 6 akan memberikan dukungan terbaik untuk kinerja yang optimal.

  • Mengurangi Konsumsi Energi

Kelebihan lain yang Anda peroleh dengan menggunakan WiFi 6 adalah konsumsi energi yang lebih sedikit. Artinya, masa pakai baterai dari perangkat yang Anda gunakan juga akan semakin panjang. Hal ini berkat fitur baru bernama TWT atau Target Wake Time yang disematkan pada WiFi 6.

Dengan implementasi ini, titik akses bisa memerintahkan perangkat yang terhubung termasuk tablet, laptop atau smartphone untuk menempatkan radio nirkabelnya ke mode tidur. Fitur ini juga tahu kapan harus menyalakannya lagi setelah transmisi dipicu. Ketika dalam mode tidur, baterai perangkat yang terhubung tentu akan jadi lebih awet.

  • Penggunaan Spektrum Total yang Lebih Banyak dan Mumpuni

Teknologi WiFi yang sebelumnya hanya menggunakan spectrum 2,4 GHz dan 5 GHz. Tapi dengan WiFi 6, Anda bisa menikmati sampai 1 GHz dan 6 GHz. Untuk menghasilkan lebih banyak rute komunikasi, spectrum ini akan dipecah lagi menjadi lebih banyak saluran.

  • Jangkauan yang Lebih Baik

Keunggulan lain WiFi 6 yang tidak kalah penting untuk penggunaan saat ini adalah jangkauan maksimal dari access point-nya yang semakin tinggi. WiFi 6 bahkan memiliki jangkauan mencapai 4 kali lipat dibanding versi sebelumnya. Ini membuat kinerja jaringan semakin optimal untuk penggunaan internet di area padat maupun di tempat terbuka (outdoor).

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh WiFi 6, tak heran jika banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mulai mengaplikasikannya. Ingin mencari tahu lebih jauh mengenai WiFi 6 dan mengimplementasikannya di kantor Anda? Nusanet Internet Solution Provider siap membantu Anda.

Sebagai penyedia layanan ISP sejak 2015, Nusanet telah melayani pelanggan di berbagai kota di Indonesia, termasuk berbagai perusahaan besar ternama. Konsultasikan kebutuhan WiFi Anda kepada kami sekarang juga!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *