Manfaatkan Sistem HRIS untuk Optimalkan Pekerjaan di Era Digital, Apa Itu HRIS?

June 13, 2022

Teknologi membuat berbagai proses kerja di kantor jadi lebih mudah. Salah satunya adalah dengan HRIS. Simak pengertian dan kelebihannya berikut ini!

HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System/Software. Secara sederhana, HRIS bisa dikatakan sebagai integrasi dari aktivitas HR (SDM) dengan teknologi informasi. Sistem baru berbasis teknologi yang terpadu ini jelas memudahkan banyak tugas seorang petugas HRD. HRIS memungkinkan entri data, pelacakan, manajemen sumber daya manusia, penggajian hingga akuntansi.

Untuk memahami lebih jauh tentang HRIS dan cara optimalisasinya untuk pekerjaan di era digital, kamu bisa membaca ulasannya berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan HRIS?

Sumber : Blog HRD

HRIS atau sistem informasi sumber daya manusia merupakan perangkat lunak yang didesain untuk membantu perusahaan memenuhi kebutuhan inti dalam pengelolaan SDM sekaligus meningkatkan produktivitas manajer dan karyawan. Hal ini mungkin dilakukan karena adanya sistem otomatisasi dan data yang disinkronkan. Efeknya, masing-masing bisa mengurangi redundansi yang mahal serta menyediakan sumber pengambilan keputusan yang cepat dan tepercaya.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan oleh Software HRIS?

Sumber : Karya One

HRIS bisa membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur data yang berkaitan dengan orang-orang yang berada di dalamnya termasuk:

  • Informasi demografis karyawan termasuk tanggal lahir, informasi kontak, jenis kelamin dan lain sebagainya
  • Informasi pekerjaan karyawan seperti manajer, tingkat gaji, departemen yang diduduki dan informasi lainnya
  • Sisa waktu dan permintaan cuti.

Karena semua informasi ini bisa dilacak dengan menggunakan satu tools, kamu bisa mendapatkan sumber data yang akurat. Ini juga memungkinkan petugas HR untuk membuat laporan yang nantinya bisa digunakan untuk mengidentifikasi tren serta membuat keputusan bisnis.

Manfaat Penggunaan HRIS bagi Perusahaan dan Karyawan

hris

Sumber : Linov HR

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu mengimplementasikan HRIS untuk kebutuhan perusahaan yakni:

  • Lebih terorganisir. Dengan menggunakan HRIS, kamu tidak perlu lagi membongkar-bongkar lemari arsip atau membuka lembar demi lembar file spreadsheet yang memusingkan. Semua informasi yang kamu butuhkan terkait SDM bisa dikumpulkan, dilacak, diperbarui dan dicari dalam hitungan detik saja
  • Sesuai dengan syarat kepatuhan. Vendor HRIS yang baik akan tetap mengikuti aturan terkait SDM dan mengadaptasi software yang mereka luncurkan untuk memudahkan perusahaan yang menggunakannya untuk memenuhi syarat kepatuhan misalnya saja mengenai besaran tunjangan atau batas gaji (UMR)
  • Menghemat waktu. Banyak proses pengelolaan SDM yang tadinya butuh waktu lama kini bisa lebih sederhana dilakukan dengan HRIS. Misalnya saja, pengajuan cuti sekaligus approval-nya bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Sisa waktu cuti juga bisa dilihat dan dilacak secara otomatis
  • Strategi SDM. Ketika petugas HRD memiliki lebih sedikit tugas operasional untuk dilakukan, mereka bisa menggunakan keterampilan dan waktu yang mereka punya untuk merancang inisiatif SDM strategis untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Dengan HRIS, petugas HRD bisa fokus pada upaya peningkatan retensi karyawan, peningkatan produktivitas serta memantau budaya perusahaan
  • Pengalaman karyawan/employee experience. Karyawan dengan kualitas terbaik tentu hanya suka bekerja dengan perusahaan kelas atas juga. HRIS yang baik bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan persepsi karyawan terhadap mereka. Baik itu lewat proses orientasi yang lancar dan cepat, aplikasi yang memudahkan mereka mencari informasi kontak rekan kerja serta kemudahan dalam pengajuan dan pemberian izin cuti. HRIS yang baik akan membantu karyawan mendapatkan pengalaman kerja yang lebih baik
  • Kenyamanan. Perusahaan-perusahaan yang sudah mengimplementasikan HRIS telah merasakan sejumlah kemudahan. Misalnya saja proses penyusunan laporan yang tadinya butuh waktu lama, kini bisa diselesaikan dengan beberapa klik saja.

Secara umum, keuntungan yang akan kamu peroleh dengan menggunakan HRIS jauh lebih besar daripada biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika kamu memilih vendor HRIS yang tepat.

PT. Media Antar Nusa melalui Nusawork saat ini sudah menghadirkan aplikasi HRIS yang mudah digunakan untuk tingkatkan produktivitas perusahaan. Absensi online, pengajuan cuti, approval hingga laporan slip gaji bisa dilihat dengan sistem yang terintegrasi. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *