Perbedaan Koneksi WiFi & Data Seluler pada Smartphone yang Perlu Anda Ketahui

July 19, 2021

Dengan dukungan koneksi internet, smartphone bisa menjadi perangkat multiguna bagi kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengirim pesan instan, streaming video atau musik, hingga mengakses media sosial, tentunya ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan bantuan gawai pintar tersebut. Nah, dalam praktiknya, terdapat 2 jenis koneksi internet pada smartphone, yaitu data seluler dan WiFi. Apa bedanya? Yuk simak penjelasan berikut!

Data Seluler

Data seluler membuat pengguna smartphone dapat mengakses internet tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan. Hal ini karena gawai pintar Anda dapat terkoneksi langsung ke operator seluler yang menyediakan layanan internet.

Perangkat smartphone umumnya juga akan otomatis terdaftar ke jaringan publik atau menggunakan sistem IP address yang terdapat dalam jaringan ISP. Meski begitu, kelemahan dari jenis koneksi internet ini adalah kualitas sinyalnya yang tidak stabil.

Koneksi WiFi

Jenis koneksi internet pada smartphone ini membutuhkan access point atau perangkat tambahan dalam pengoperasiannya. Artinya, untuk bisa terkoneksi ke internet, ponsel pintar Anda membutuhkan perantara ke jaringan nirkabel atau ISP.

Dalam hal ini, access point tersebut bisa berupa koneksi kabel atau WiFi router. Kelebihan dari akses WiFi sendiri terletak pada konektivitasnya yang stabil. Namun sayangnya, jangkauan WiFi tidak bisa seluas data seluler atau hanya terbatas di satu area saja.

Perbedaan Koneksi WiFi dan Data Seluler

Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara data seluler dan koneksi WiFi.

  1. Jaringan seluler umumnya menggunakan frekuensi 900 – 2200 MHz. Sementara itu, koneksi WiFi biasanya berada pada frekuensi antara 2.4 GHz sampai 5.8 GHz.
  2. WiFi memiliki jangkauan yang terbatas, tetapi konektivitasnya sangat stabil. Sebaliknya, data seluler menawarkan jangkauan yang luas, tetapi sinyalnya tidak begitu stabil.
  3. Internet provider akan mencatat langsung pemakaian data seluler yang Anda gunakan. Namun, jika Anda mengaktifkan koneksi WiFi pada smartphone, kuota data seluler tidak akan ikut tersedot.
  4. Apabila koneksi WiFi membutuhkan perangkat tambahan sebagai access point, data seluler bisa langsung digunakan tanpa perantara apa pun.

Itulah perbedaan antara koneksi WiFi dan data seluler. Namun untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil dan lancar, hanya percayakan kebutuhan internet Anda pada internet provider yang sudah berpengalaman seperti Nusanet. Untuk informasi lebih lanjut, yuk hubungi helpdesk kami yang selalu siaga 24 jam untuk melayani kebutuhan pelanggan!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *