Sales dan Marketing adalah dua fungsi yang berbeda meski keduanya memiliki kaitan yang cukup erat. Oleh sebab itu, bisnis dan perusahaan—terutama jika telah memiliki aktivitas yang cukup padat dan skala besar—wajib memiliki sumber daya yang sama sekali berbeda untuk dua bidang ini. Dengan begitu, masing-masing aktivitas dapat berjalan optimal.
Perbedaan Sales dan Marketing
Sales didefinisikan sebagai rangkaian aktivitas yang ditujukan untuk menjual sebuah produk, baik barang maupun jasa. Seorang sales pun harus mampu membangun dan menjaga hubungan dengan prospek (calon pelanggan potensial).
Sementara itu, marketing adalah serangkaian aktivitas yang membantu meningkatkan awareness serta ketertarikan target pasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Dalam menjalankan tanggung jawabnya, seorang marketer memerlukan sebuah riset pasar.
Riset pasar digunakan untuk mengetahui kondisi pasar—tren apa yang sedang terjadi, pendekatan seperti apa yang paling cocok, dan sebagainya. Tim marketing pun umumnya melakukan sebuah campaign untuk menarik perhatian target pasar terhadap produk yang mereka tawarkan.
Selain itu, masih ada lagi beberapa perbedaan sales dan marketing, yakni sebagai berikut.
1. Target
Sales memiliki target utama untuk menjual produk, sedangkan marketing memiliki target utama untuk melakukan promosi produk maupun bisnis atau perusahaan. Selain itu, aktivitas sales biasanya cenderung untuk jangka pendek, sedangkan marketing biasanya ditargetkan untuk branding jangka panjang.
2. Proses
Tim sales harus menyiapkan rencana terkait proses sales, jumlah resource yang dibutuhkan dan struktur tim, dan segmentasi prospek atau pelanggan. Sementara itu, tim marketing membuat rencana marketing yang mencakup 4P: product, price, place, dan promotion.
3. Sumber Daya
Baik sales maupun marketing sama-sama memerlukan customer relationship management (CRM) database. Di samping itu, penggunaan media sosial juga sama-sama berperan untuk dua fungsi ini.
Walau begitu, ada beberapa sumber daya dan tools khusus yang digunakan untuk masing-masing fungsi ini, yakni sebagai berikut.
Sales : aplikasi untuk meeting, aplikasi dokumen, software untuk keperluan invoice, email management tool, dan software untuk inventaris dan pemesanan
Marketing : tool untuk manajemen proyek, software untuk pelaporan data, SEO tools, Conversion Rate Optimization (CRO), dan tools untuk membuat konten
Strategi Sales dan Marketing
Strategi yang dilakukan oleh tim sales dan marketing pun berbeda sesuai target masing-masing. Keduanya pun sama-sama memiliki keunikan strategi tersendiri.
Strategi yang dilakukan oleh tim sales sangat bergantung pada jenis industri klien atau prospek, jenis produk yang dipasarkan, kondisi dan tren pasar, metode yang terlibat dalam proses penjualan, dan sebagainya.
Sementara itu, strategi marketing saat ini lebih banyak mengandalkan teknologi digital seperti blog marketing, social media marketing, internet marketing, SEO marketing, dan sebagainya. Meski demikian, beberapa strategi non-digital seperti baliho, penayangan iklan di televisi dan koran, dan sebagainya juga masih dapat digunakan sesuai kebutuhan serta tujuan.
Hubungan Sales dan Marketing
Seperti yang disebutkan sebelumnya, sales dan marketing saling berhubungan. Dalam praktiknya, alur sales dan marketing dalam sebuah perusahaan dilakukan seperti ini:
- Perusahaan menetapkan target revenue yang akan dicapai dalam tahun ini (biasanya dipecah lagi ke dalam beberapa periode lebih pendek seperti per kuartal).
- Tim sales membuat plan terkait cara untuk mencapai target yang telah ditetapkan, misal membagi target yang harus dicapai tiap individu di dalam tim sales, industri apa yang akan banyak difokuskan, produk apa yang akan menjadi andalan penjualan, dan sebagainya.
- Tim sales berkoordinasi dengan tim marketing.
- Tim marketing membantu tim sales dengan menyiapkan beberapa “bahan”, seperti brosur, materi product knowledge atau deck presentation, dan sebagainya (biasanya untuk B2B)
- Jika diperlukan, tim marketing akan membuat campaign terkait produk yang akan ditawarkan, baik campaign secara digital maupun non-digital.
Nah, itulah perbedaan sales dan marketing yang masih kerap dianggap sama. Keduanya menawarkan fungsi yang berbeda, tetapi memiliki hubungan yang erat dan bahkan saling bertautan.
Untuk mendukung keperluan komunikasi dan proses tim Anda berjalan lancar, Nusanet menyediakan jasa internet yang cepat, stabil, dan aman dengan servis 24 jam. Produktivitas operasional pun dapat terjaga dengan baik sehingga meningkatkan dan menjaga kualitas bisnis Anda.