Kebutuhan Internet Kian Meningkat, Perlukah Beralih ke WiFi 6?

May 17, 2022

WiFi 6 merupakan teknologi teranyar untuk akses internet yang lebih baik. Dengan kebutuhan yang makin meningkat, apakah Anda harus beralih ke WiFi 6?

Sudah lebih dari 2 tahun sejak WiFi 6 pertama kali diluncurkan. Saat ini, penggunaannya juga makin meluas di berbagai negara termasuk Indonesia. Dikenal juga dengan 802.11ax, teknologi WiFi 6 menawarkan throughput speed yang lebih tinggi, masa pakai baterai yang lebih lama serta kemampuan meminimalisasi kemacetan bandwidth yang lebih optimal dibanding WiFi 5 sebagai pendahulunya. 

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, banyak orang mulai mempertimbangkan untuk beralih ke WiFi 6. Sebelum Anda memutuskan, simak terlebih dahulu berbagai hal penting terkait WiFi 6 berikut ini!

Apa Itu WiFi 6?

Internet

Sumber : Lifewire

Anda mungkin sudah pernah mendengar sekilas tentang standar wireless terbaru ini. Router WiFi 6 menggunakan beberapa fitur baru yang didesain untuk meningkatkan performa secara keseluruhan. Caranya adalah dengan menghadirkan peningkatan kecepatan throughput (mencapai 10 Gbps, secara teoretis lebih cepat dibanding versi sebelumnya yakni 3,5 Gbps untuk WiFi 5/802.11ac). Ini akan membuat proses download maupun upload berlangsung lebih cepat dan lancar.

Selain itu, WiFi 6 juga dirancang untuk menurunkan risiko kemacetan jaringan, memberikan kapasitas client yang lebih besar serta mengurangi konsumsi energi. Contohnya saja adalah penggunaan modulasi Orthogonal Frequency-Division Multiple Access (OFDMA) pada WiFi 6 yang memungkinkan hingga 30 client berbagi saluran di saat bersamaan. Secara keseluruhan ini akan meningkatkan efisiensi dengan menaikkan kapasitas sekaligus menurunkan latensi.

Secara ringkas, OFDMA memberikan interval waktu kepada klien yang memungkinkan mereka untuk menguraikan saluran jaringan yang tersedia dengan lebih baik. Misalnya saja, salah satu orang di rumah Anda sedang streaming acara olahraga beresolusi tinggi dengan komputer sementara satu orang lagi membuka akun media sosial di ponsel, OFDMA akan membuat router mampu menetapkan saluran ke setiap perangkat berdasarkan prioritas (kapan setiap perangkat membutuhkannya).

WiFi 6 juga menyematkan Target Wake Time (TWT), yang memungkinkan gawai untuk ‘bangun’ dan ‘tidur’ sesuai waktu yang dibutuhkan. Fitur ini secara langsung akan memperpanjang usia pakai baterai perangkat seperti laptop, ponsel dan tablet.

Menawarkan 8 aliran untuk uplink dan downlink Multi-User Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO), WiFi 6 menyalurkan data secara bersamaan alih-alih berurutan, memungkinkan bandwidth dibagi secara merata di antara client yang tersambung  dengan MU-MIMO. Di sisi lain Wi-Fi 5 MU-MIMO hanya memiliki 4 aliran saja.

Lalu, Haruskah Anda Melakukan Upgrade?

internet

Sumber : Mii

Jawaban singkatnya kemungkinan ‘ya’ jika router yang Anda pakai sekarang sudah berumur lebih dari 3 tahun. Apalagi saat ini sudah banyak perangkat notebook yang mendukung WiFi 6. Ponsel berteknologi serupa juga makin mudah didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, ini adalah alasan penting kenapa sebaiknya Anda melakukan upgrade ke versi nirkabel terbaru ini.

Bahkan jika perangkat Anda masih bisa berjalan dengan menggunakan 802.11ac, masih sangat perlu untuk mempertimbangkan upgrade ke router WiFi 6 sekarang. Beberapa router bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Beberapa di antaranya bahkan bisa digunakan untuk penggunaan rumahan. Variasi merek serta rentang harga yang beragam memungkinkan Anda memilih peralatan yang paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Anda juga bisa menambah extender untuk WiFi 6 untuk memperluas jangkauan. Ini akan sangat berguna untuk Anda yang tinggal di rumah yang besar atau di lingkungan padat dengan banyak sinyal wireless yang bersaing. Bagi pengusaha yang bergantung pada penggunaan internet untuk kegiatan operasionalnya, teknologi WiFi 6 jelas akan memberikan lebih banyak dukungan terhadap akses internet yang mumpuni.

Tertarik mengimplementasikan WiFi 6 untuk kebutuhan kantor Anda? Nusanet Internet Solution Provider saat ini sudah menyediakan perangkat WiFi 6 untuk Anda yang berlangganan paket bisnis. Konsultasikan kebutuhan WiFi Anda kepada kami sekarang juga!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *