5 Cara Bikin Ngebut Konektivitas WiFi

June 25, 2021

Pemasangannya mudah dan bisa memberikan jangkauan akses internet di area yang luas. Keduanya adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika memasang WiFi. Namun, ada kalanya koneksi internet nirkabel bisa menjadi sangat lamban. Nah, jika Anda kebetulan menghadapi masalah tersebut, inilah 5 solusi untuk mengatasinya!

1.    Lakukan Pengujian Kecepatan Broadband

Saat menghadapi koneksi WiFi yang lemot, coba lakukan tes kecepatan terlebih dahulu. Cek kembali kecepatan unduh atau unggahnya. Anda pun bisa melakukan uji kecepatan broadband melalui situs seperti Speed Test.

2.    Coba Muat Ulang Router

Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk memuat ulang router. Pertama, matikan router dan nyalakan kembali setelah 15 detik. Tunggu sampai router benar-benar aktif dan koneksi Anda sudah tersambung lagi. Kemudian, lihat apakah ada perubahan yang terjadi pada kecepatan WiFi.

3.    Pasang Router di Area dengan Jangkauan Sinyal Baik

Anda harus memastikan bahwa router dipasang di lokasi yang optimal. Artinya, jangan memasang router di area yang tersembunyi atau tertutup, seperti misalnya di dalam lemari atau di sekitar bingkai jendela. Agar koneksi WiFi lebih lancar, taruhlah alat tersebut di tengah rumah sehingga sinyalnya bisa menjangkau area yang lebih luas.

4.    Ganti Router Lama Anda dengan yang Baru

Ganti router lama Anda dengan seri terbaru untuk mempercepat koneksi WiFi! Contohnya, bila Anda masih menggunakan router tipe 802.11g, ganti dengan seri terbaru, yakni 802.11ac. Untuk mengecek berapa standar router Anda, cek di PC dengan membuka pintasan WiFi. Kemudian pilih menu WiFi dan klik pada opsi Hardware properties.

5.    Lakukan Reset Network dan Flushing DNS

Anda juga bisa melakukan cara ini untuk mengatasi koneksi WiFi yang lemot. Pertama, tekan Windows + R secara bersamaan pada keyboard PC Anda. Lalu ketik cmd pada run dan klik OK. Setelah itu, copy-paste perintah ini, ipconfig /flushdns, dan enter. Selesai, Anda telah berhasil menghapus data cache DNS yang sudah tidak dibutuhkan.

Jika tidak ingin bermasalah dengan jaringan WiFi yang lemot, sebaiknya beralih ke layanan internet provider yang andal. Dalam hal ini, Nusanet telah terbukti dapat memenuhi kebutuhan internet dengan ragam fitur canggih, seperti jangkauan wireless dan fiber optic yang luas, serta pengaturan IP Public yang dibuat statis untuk koneksi internet lebih andal.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *