Hindari 4 Kesalahan Saat Membuat Website

July 6, 2021


Website
telah menjadi salah satu bagian vital dalam pemasaran digital. Karena itu, membuat website tidak boleh asal jadi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar situs web yang dibangun benar-benar mampu mem-branding brand atau perusahaan Anda secara optimal. Untuk itu, yuk hindari 4 kesalahan umum dalam pembuatan situs web berikut ini!

1.    Cuma fokus pada tampilan di satu perangkat saja

Saat membuat sebuah website, jangan cuma terpaku pada tampilan di satu perangkat saja, ya. Sebagai contoh, tampilan situs web Anda lebih bagus di PC daripada smartphone. Padahal, memiliki sebuah website yang mobile-friendly sudah menjadi suatu keharusan karena pemakaian smartphone yang makin masif di masyarakat. Maka dari itu, sebaiknya buatlah website yang responsif terhadap berbagai jenis perangkat.

2.    Memiliki website dengan navigasi yang tidak ramah pengguna

Kualitas dari suatu website juga dilihat dari sisi navigasinya. Dalam hal ini, navigasi pada website mencakup setiap label atau menu yang tersemat pada halaman web. Nah, apabila navigasi yang Anda buat tidak user-friendly, pengguna akan kesulitan menemukan informasi yang mereka perlukan. Selain itu, navigasi juga dapat memengaruhi trafik website dan memiliki peranan dalam peningkatan peringkat situs web.

3.    Tidak menentukan halaman yang dianggap penting di situs web

Tidak semua halaman di website memiliki tingkatan prioritas yang sama. Karena itu, Anda perlu menentukan halaman mana yang paling penting dan harus muncul di awal. Untuk itu, Anda bisa menerapkan teknik 80/20. Artinya, 20 persen informasi di web akan menjadi sumber dari 80 persen trafik yang Anda terima. Maka dari itu, sangat perlu untuk meng-highlight halaman yang menurut Anda akan menjadi sumber paling dicari oleh 80 persen trafik website tersebut.

4.    Mengesampingkan kebutuhan pengguna

Sebuah web dibuat untuk dapat memberikan informasi kepada pengguna. Namun sayangnya, pembuatan suatu website kadang kala hanya difokuskan pada kebutuhan perusahaan saja. Contohnya, menaruh terlalu banyak detail tentang perusahaan atau brand Anda di homepage. Sebaiknya, cukup taruh informasi soal perusahaan atau brand Anda di halaman “About”.

Hindari kesalahan di atas jika ingin membuat website yang dapat menjaring lebih banyak trafik. Pun, tidak kalah penting, selalu gunakan layanan web hosting tepercaya dan andal seperti Nusanet. Dengan kualitas pelayanan premium, bujet web hosting di Nusanet hadir dengan harga yang ekonomis, sangat cocok untuk jenis Usaha Kecil Menengah.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *