Tahukah Anda bahwa hampir sebagian besar pengunjung website memiliki sejumlah pertanyaan mengenai produk ataupun layanan bisnis? Meskipun biasanya pemilik bisnis telah menginformasikan produknya melalui postingan blog atau konten, pengunjung membutuhkan jawaban yang lebih sederhana dan Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan solusinya.
Apa Itu FAQ?
Frequently Asked Questions atau disebut juga halaman tanya jawab adalah tempat bagi pengunjung website untuk menemukan jawaban atas pertanyaan dengan mudah di satu tempat. Halaman tanya jawab adalah bagian integral dari navigasi yang baik. Halaman ini kerap menjadi tujuan utama bagi pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai produk dan layanan sesuai keinginan.
Kendati Anda sudah melengkapi website dengan konten yang ditunjang tampilan website menarik untuk meningkatkan pengalaman pengguna, halaman tanya jawab menjadi salah satu elemen terpenting dari website bisnis. Pasalnya, bagian halaman tanya jawab mampu menarik lebih banyak lalu lintas dan mampu mengonversi pelanggan.
Kegunaan FAQ
Lantas, apa saja kegunaan halaman Frequently Asked Questions?
- Membangun kepercayaan dengan menunjukkan kepada pengguna bahwa Anda memahami tantangan atau permasalahan yang mereka hadapi dan bagaimana produk Anda dapat membantu menangani hal tersebut.
- Dengan menjawab pertanyaan umum secara tidak langsung Anda telah meningkatkan layanan pelanggan.
- Meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari.
- Meningkatkan pengalaman pengguna dengan memudahkan mereka menemukan apa yang dicari tanpa perlu menelusuri keseluruhan website. Agar pengunjung mendapatkan informasi tambahan, Anda bisa menautkan jawaban ke posting blog atau halaman konten.
- Menunjukkan keunggulan produk dan layanan sekaligus meningkatkan reputasi Anda.
- Frequently Asked Questions secara tidak langsung menjadi bukti kepedulian Anda terhadap masalah pengunjung. Ketika masalah terpecahkan, pengunjung akan berubah menjadi pelanggan.
- Menghemat waktu pengunjung website, sangat membantu pelanggan dengan mobilitas tinggi.
Jika hendak membuat FAQ, maka pastikan Anda turut membantu proses pengambilan keputusan pengguna dengan memberi jawaban jelas disertai konten penunjang dan akses internet yang mumpuni.