Jaringan 5G Sudah Hadir di Indonesia, Berikut Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

November 2, 2021

Pengguna layanan seluler di Indonesia sudah bisa menikmati jaringan 5G tahun ini. Apa bedanya dengan jaringan 4G yang ada sebelumnya?

Sumber : Tekeknologi.com

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, jaringan seluler di dunia termasuk Indonesia juga turut mengalami perkembangan pesat. Setelah 4G, kini pengguna jaringan seluler bisa mulai menikmati jaringan 5G. Pada tahun 2021 ini diperkirakan akan ada 438 juta koneksi 5G di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, jaringan 5G secara resmi diluncurkan pada bulan Mei 2021 lalu. Hingga saat ini layanan 5G baru disediakan oleh 2 operator seluler yakni Telkomsel dan Indosat. Penggunaannya pun masih sangat terbatas dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Lalu, apa sebenarnya yang membedakan jaringan 5G dengan 4G? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Jaringan 5G 100 Kali Lebih Cepat dari 4G

 

Sumber : Kompas.com

Jika selama ini Anda sudah merasakan kecepatan internet yang baik, maka dengan 5G pengalaman itu akan meningkat berlipat-lipat. Kecepatan 5G disebut mencapai 10 GB per detik yang artinya 100 kali lebih cepat ketimbang 4G. Dengan kenaikan kecepatan ini, kebutuhan masyarakat akan akses internet yang cepat akan terpenuhi dengan baik.

Sebagai perbandingan, jika dengan jaringan 4G butuh waktu rata-rata 50 menit untuk mengunduh film dengan kualitas HD, maka dengan 5G, Anda hanya butuh waktu 9 menit saja. Tak hanya itu, dengan konektivitas yang semakin baik, streaming film di smartphone serta mengemudi smart car jadi semakin mudah dengan 5G.

5G dan Network Slicing/Pemotongan Jaringan

Sumber : Pikiranrakyat.com

Peluncuran 5G membuat proses pengirisan jaringan atau network slicing menjadi lebih mudah. Network slicing bekerja dengan cara memecah jaringan untuk menyesuaikan kecepatan, kapasitas, jangkauan, enkripsi dan keamanan dengan memindahkan sumber daya dari satu irisan jaringan ke irisan lain yang lebih membutuhkannya.

5G Memiliki Latensi yang Lebih Rendah

Sumber : Grid.id

Performa 5G yang lebih baik berjalan seiring dengan tingkat latensi (penundaan antara pengiriman dan informasi) yang lebih rendah. Jaringan 4G memiliki latensi 200 milidetik, tidak jauh berbeda dengan 250 milidetik yang dibutuhkan manusia untuk bereaksi terhadap rangsangan visual. Latensi 5G jauh lebih rendah yakni hanya 1 milidetik saja.

Dengan menggunakan jaringan 5G, Anda bisa mengirim dan menerima informasi dengan cepat. Ini tentu akan membantu mengembangkan layanan dan perangkat baru termasuk permainan yang menggunakan VR, prosedur pembedahan medis jarak jauh dan perangkat lunak terjemahan. Dengan kata lain IoT (Internet of Things) dan 5G akan menciptakan kombinasi yang sempurna.

5G Lebih Aman dengan Lebih Banyak Regulasi

Sumber : Arenalte.com

Seperti teknologi lainnya, meningkatnya peluang penggunaan, muncul pula risiko lain yang mengintai para pengguna. Karena itu, penerapan 5G juga harus dibarengi dengan adanya tingkat keamanan yang lebih baik.

Secara umum, 5G akan menyebabkan penggunaan seluler pribadi yang lebih luas dengan aktivitas yang lebih tinggi. Ini juga akan membuka peluang yang lebih besar bagi para peretas untuk memanfaatkan situasi.

Karena itu, pihak terkait menyerukan dialog antar vendor, operator jaringan dan regulator guna mencari solusi terbaik untuk mengurangi risiko ini. Uni Eropa yang menetapkan diri sebagai referensi untuk perlindungan data di seluruh dunia sedang mempersiapkan aturan ePrivasi (ePR). Tujuannya adalah untuk melindungi data pribadi serta hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi elektronik.

Adanya jaringan 5G di Indonesia tentu merupakan peluang sekaligus tantangan yang harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan adanya peningkatan kecepatan akses internet, diharapkan percepatan digitalisasi di segala bidang juga bisa berlangsung sama cepatnya. 

Nusanet Internet Solution Provider turut mendukung percepatan digitalisasi di tanah air dengan menyediakan layanan jaringan internet berkualitas. Dengan cabang yang tersebar di Jakarta, Bali, Medan, Surabaya, Pekanbaru, Malang dan Lampung, Nusanet siap membantu Anda melakukan pemasangan internet broadband maupun dedicated internet. Konsultasikan kebutuhan internet Anda pada Nusanet sekarang juga!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *