Jaringan Lemot Saat SFH atau WFH? Berikut Cara Agar Internet di Rumah Lancar Jaya!

October 27, 2021

Agar aktivitas WFH dan SFH tidak terganggu, pastikan kelancaran internet di rumah Anda dengan cara ini!

Sumber : Tribunjualbeli.com

Saat ini internet seolah menjadi kebutuhan primer yang tidak boleh ditinggalkan. Mulai dari bekerja, berbisnis hingga sekolah, kita memanfaatkan jaringan internet. Selain jaringan internet seluler, WiFi juga menjadi pilihan banyak orang terutama bagi mereka yang lebih sering beraktivitas di rumah.

WiFi banyak dipilih karena memungkinkan penggunanya mengakses internet tanpa batasan kuota. Meski begitu, jaringan yang tersedia kadang mengalami berbagai gangguan yang membuatnya jadi lemot. Untuk menghindari hal semacam ini, simak beberapa tips berikut ini!

Lakukan Flushing DNS dan Network Reset

Sumber : Paragram.id

Flushing DNS merupakan langkah yang dilakukan untuk melakukan setting ulang pada DNS komputer yang Anda pakai. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan perubahan informasi yang ada nama name server, domain maupun DNS dengan data baru. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi koneksi internet yang tak stabil. Adapun langkah-langkahnya yakni:

  • Gunakan Command Prompt. Klik kanan kemudian pilih “Run as Administrator”
  • Pada kolom, ketik ipconfig/flushdns kemudian tekan “Enter” di keyboard
  • Selanjutnya, ketik ipconfig/renew kemudian pencet “Enter”
  • Tutup Command Prompt dan akses kembali internet Anda.

Tempatkan Router WiFi di Tempat yang Tepat

Sumber : Kumparan.com

Hal terpenting yang harus diperhatikan agar PC atau smartphone Anda mendapatkan sinyal WiFi yang kuat adalah penempatan router WiFi. Perlu diketahui bahwa router WiFi memiliki daya jangkau yang terbatas. Hindari menempatkannya di ruangan tertutup yang terlalu jauh dengan posisi komputer Anda. Pastikan router tidak terhalang besi, tembok dan tidak diletakkan terlalu dekat dengan perangkat elektronik lainnya.

Periksa Posisi Antena Router WiFi

Sumber : Bisnis.com

Selain posisi routernya, Anda juga harus memerhatikan posisi antenanya. Pasalnya, posisi antena juga turut memengaruhi kecepatan koneksi internet. Pastikan antena bera dalam keadaan tegak berdiri. Sebab pada posisi inilah router dapat bekerja optimal dalam memancarkan sinyal ke semua perangkat yang tersambung.

Manfaatkan Kanal dengan Penggunaan Paling Kecil

Sumber : Kumparan.com

Kesalahan yang kerap membuat WiFi menjadi lemot adalah kesalahan dalam memilih kanal-kanal. Perlu diketahui bahwa sinyal WiFi melewati kanal-kanal pada ruang terbuka. Kalau pada kanal yang dipilih banyak sinyal yang lewat, maka akan terjadi tumpang tindih. Efeknya, sinyal akan saling ganggu.

Ini akan menyebabkan data loss sehingga sinyal perlu di-rebroadcast. Inilah yang kemudian membuat WiFi di rumah Anda menjadi lemot.

Mengatur IRPStackSize di Posisi yang Lebih Tinggi

Sumber : Alfaiomi.net

Langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan WiFi yang lemot adalah dengan mengubah IRPStackSize ke tingkatan yang lebih tinggi. Pada posisi default, nilai IRPStacksSize adalah 15. Namun sebenarnya Anda bisa menaikkannya sampai 50. Untuk mengubah pengaturannya, simak langkah-langkah berikut ini!

  • Buka “Registry Editor” dengan cara klik Start>Run> kemudian ketik regedit
  • Selanjutnya buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters
  • Dalam folder Parameter, Anda akan menemukan file Double Word (DWORD) dengan nama IRPSTackSize. Untuk mengubah nilainya dari nilai awal, klik Modify kemudian ganti menjadi 50
  • Jika Anda tidak menemukan file DWORD yang dimaksud, buat yang baru dengan cara klik kanan, klik New kemudian klik DWORD Value. Buat menggunakan nama “IRPStackSize” lalu isi value-nya menjadi 50
  • Klik OK lalu tutup halaman Registry Editor.

Pilih ISP dengan Layanan Terbaik

Sumber : Nusa.net.id

Kecepatan akses internet juga dipengaruhi oleh kualitas layanan dari ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan. Tak jarang keluhan WiFi lemot bukan berasal dari cara Anda menggunakan jaringan WiFi melainkan layanan yang memang tidak berkualitas. Karena itu, memilih ISP juga harus dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Nusanet Internet Solution Provider merupakan perusahaan ISP yang berlisensi resmi dari pemerintah. Beroperasi mulai tahun 1996 sebagai penyedia layanan web hosting dan desain, Nusanet kini siap melayani pemasangan WiFi di berbagai kota di Indonesia termasuk Jakarta, Medan, Malang, Pekanbaru, Bali, Surabaya hingga Lampung. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas terbaik.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *