Backdoor: Pengertian dan Cara Menghindarinya

October 15, 2021

backdoor berkaitan dengan sistem keamanan pada website. Sebenarnya, apa sih backdoor itu? Bagaimana menghindarinya?

Jika dikaitkan dengan sistem komputer atau perangkat lunak, backdoor merupakan sebuah portal yang bisa dikatakan tidak terdokumentasi. Portal tersebut akan mengizinkan administrator masuk ke dalam sistem guna melakukan perawatan atau troubleshooting.

Meski begitu, backdoor memang menjadi istilah yang lebih akrab dipakai dalam dunia hacking yang mengarah pada portal rahasia. Badan intelijen maupun hackers menjadi pihak yang sering menggunakannya  guna mendapatkan akses tak terdeteksi ke sebuah website, sistem komputer, atau perangkat lunak.

Arti backdoor memang sangat beragam, tetapi umumnya istilah ini mengarah pada titik akses yang dipasangkan secara legal dalam sebuah program perangkat lunak maupun sistem. Fungsinya yaitu untuk memudahkan melakukan administrasi dari jarak jauh.

Bagaimana Cara Menghindarinya?

Backdoor bisa mengarah pada efek yang membahayakan bagi perangkat atau website Anda. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut:

  • Aktivasi Firewall

Aktivasi firewall dalam perangkat maupun website Anda akan memblokir user yang tidak memiliki izin untuk mengambil data penting dari device maupun website Anda.

  • Waspadai Software Bersifat Open-Source

Apabila Anda menggunakan perangkat lunak bersifat open-source, pastikan perangkat tersebut aman dan mendapatkan ulasan yang positif dari pengguna lainnya. Meski mendapatkannya secara resmi, bukan tidak mungkin akan ada banyak backdoors yang tak terdeteksi dan bisa mengendalikan siatem maupun mencuri data Anda.

  • Memakai Antivirus

Jangan lupa, pastikan software antivirus yang Anda pakai berada pada versi terbaru, begitu pula dengan semua program yang terpasang di perangkat komputer Anda. Menggunakan antivirus dan memperbarui program di komputer bisa membantu terhindar dari serangan backdoor.

  • Waspadai Email yang Masuk

Selain website dan software, waspadai setiap email yang masuk. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan antivirus yang memiliki fitur email scan atau attachment scan. Jadi, perangkat tidak akan terserang virus atau backdoor saat Anda membuka lampiran dari email.

Meski bermanfaat saat admin hendak mengecek hal-hal yang berkaitan dengan perawatan atau troubleshooting sistem, backdoor juga bisa menjadi celah bagi hacker untuk memasuki sistem Anda. Jadi, pastikan Anda selalu berhati-hati.

Cara lain yang bisa Anda coba adalah memastikan bahwa jaringan internet yang digunakan aman. Anda bisa mendapatkan jaminan ini dari Nusanet. Sebagai penyedia layanan internet yang profesional, Nusanet memberikan jaminan bahwa akses internet Anda akan stabil dan aman dari bahaya serangan siber.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *