Jaringan WiFi Lemot? Ketahui 7 Penyebab dan Cara Mengatasinya

November 8, 2021

Jaringan WiFi yang lambat tentu sangat mengganggu. Cari tahu penyebab dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini!

Sumber : Rumah123.com

Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan dari rumah mulai dari WFH (Work from Home) sampai SFH (School from Home), internet menjadi kebutuhan yang tak terbantahkan. Jika layanan internet seluler tidak lagi memadai, memasang perangkah WiFi sendiri di rumah atau di kantor menjadi pilihan yang memudahkan.

Namun, memasang WiFi saja tidak lantas menyelesaikan semua masalah. Koneksi yang lambat dapat menjadi problem berikutnya yang harus Anda cari tahu solusinya. Jika WiFi di rumah atau kantor Anda menjadi lambat tidak seperti biasanya, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkannya. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

Sumber : Hipwee

  • Terlalu Banyak Perangkat yang Terkoneksi

Jika Anda menggunakan jaringan internet broadband, banyaknya perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda secara langsung berpengaruh pada kecepatan koneksinya. Selain untuk penggunaan PC atau seluler, periksa lagi perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan Anda. Jika memang itu masalahnya, maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah mematikan beberapa perangkat atau meng-upgrade bandwidth internet Anda menjadi lebih besar.

  • Ada Masalah dengan Koneksi Internet

WiFi sudah diaktifkan tapi perangkat yang terhubung tetap tidak bisa terkoneksi? Lakukan pemeriksaan kecepatan internet. Caranya adalah dengan menyambungkan kabel Ethernet ke PC atau laptop. Selanjutnya online dan periksa kecepatan koneksi secara online. Jika hasilnya normal, kemungkinan ada kesalahan meletakkan posisi router.

Apabila internet masih belum terkoneksi setelah Anda memperbaiki posisi routernya, mungkin masalah ada pada ISP yang Anda gunakan. Untuk mengatasinya, sebaiknya langsung hubungi penyedia jasa dan minta mereka melakukan pemeriksaan.

  • Posisi Router WiFi di Atas Lantai

Apabila setelah melakukan pengecekan koneksi dengan kabel Ethernet ternyata internet Anda normal, bisa jadi Anda salah meletakkan router. Router bekerja mirip dengan antena televisi. Kalau posisinya rendah, dia tidak akan bisa maksimal memancarkan sinyal. Hindari menaruh router di tempat yang rendah seperti lantai karena itu bisa membuat koneksi menjadi lemot.

Sebagai ganti, taruh router Anda di lemari atau meja. Kalau perlu, buat rak khusus yang posisinya cukup tinggi agar sinyal bisa tersebar dengan baik ke seluruh ruangan.

  • Posisi Router Terlalu Jauh

Meski disarankan untuk meletakkannya di tempat yang tinggi, tapi Anda juga harus memastikan router berada di tempat yang bisa dijangkau. Router WiFi punya kapasitas jangkauan tertentu yang sudah diatur. Kalau posisinya terlalu jauh, kemungkinan akses internet akan jadi lemot.

Posisikan router WiFi di tempat yang memang sering digunakan untuk berselancar di internet. Misalnya saja ruang kerja atau ruang belajar.

  • Mengunduh File dengan Ukuran yang Terlalu Besar

Ini merupakan penyebab WiFi lemot yang umum terjadi. Ketika sedang terkoneksi dengan internet, Anda mungkin kerap melakukan pengunduhan file seperti game atau film. Perlu diketahui, ketika jaringan internet dipakai men-download file yang terlalu besar, bandwidth akan tersedot untuk menyelesaikan unduhan. Efeknya, pengguna lain akan merasakan koneksi menjadi lambat.

  • Penggunaan WiFi Extender

Banyak pengguna WiFi yang membeli WiFi extender dan berharap sinyal WiFi yang terpasang di rumah bisa menyebar secara merata ke seluruh ruangan. Namun dalam banyak kasus, perangkat ini tidak bisa mengatasi masalah dan malam memperburuk keadaan dengan membuat jaringan menjadi lemot. 

Jika memang Anda memiliki kantor atau rumah yang besar dan membutuhkan koneksi di semua ruangan, pertimbangkan menggunakan sistem WiFi mesh atau UniFi. Sistem ini memungkinkan Anda menambahkan titik akses sesuai kebutuhan penggunaan.

  • Meletakkan Router Dekat dengan Barang Elektronik Lain

Salah satu kesalahan yang kerap membuat WiFi jadi lemot adalah menaruh perangkat elektronik lain di dekat router. Perlu diketahui bahwa barang-barang elektronik juga menghasilkan gelombang elektromagnetik yang jika berada berdekatan bisa membuat sinyal WiFi menjadi kacau dan lambat.

Salah satu cara untuk meminimalisasi WiFi lemot adalah dengan memilih internet provider yang berkualitas. Nusanet Internet Solution Provider menyediakan layanan pemasangan internet broadband maupun dedicated yang berkualitas dan siap membantu mengatasi berbagai permasalahan jaringan WiFi Anda.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *