Kebanyakan Online Picu Stress? Berikut Tips Internetan yang Sehat

April 11, 2022

Ketika menggunakan internet, kamu harus memperhatikan kesehatanmu juga, baik fisik maupun psikis. Simak tips-tips internetan yang sehat di sini.

Sumber: https://pixabay.com/photos/business-technology-city-line-5475661/        

Sebagai pengguna internet, kamu tentu harus memperhatikan kesehatan kamu, baik secara fisik maupun psikis. Kedua aspek kesehatan tersebut bisa berasal dari aktivitas hingga kebiasaan kamu dalam menggunakan internet. Berikut adalah tips internetan yang sehat yang perlu kamu ketahui agar tetap bahagia.

Menjauh dari Komputer Secara Rutin

internetan yang sehat

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2020/11/17/13/22/student-5752322__340.png

Saat ini, kegunaan internet umumnya untuk menyelesaikan pekerjaan kamu. Namun, jika menggunakan internet terlalu lama, otomatis tubuh kamu tidak bergerak. 

Maka, kamu perlu mengatur waktu kamu dalam berinternet. Kamu bisa bangun setiap satu hingga dua jam dan melakukan aktivitas lainnya seperti stretching atau sekedar keluar rumah melihat pemandangan.

Mengistirahatkan Mata

sehat

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2015/03/18/13/04/bullying-679274_1280.jpg

Memandang layar komputer terlalu lama bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan, terutama yang berkaitan dengan indera penglihatan seperti sindrom mata lelah. Oleh karena itu, kamu harus mengistirahatkan mata secara berkala dengan tidak melihat komputer setiap beberapa menit[1].

Memposisikan Monitor dengan Benar

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2020/10/14/07/18/woman-5653501_1280.jpg

Selain mengistirahatkan mata, kamu juga perlu mengatur monitor yang kamu gunakan untuk bekerja, baik posisinya maupun pencahayaan. 

Dikutip dari American Optometric Association, layar komputer harus terletak antara 15 hingga 20 derajat di bawah mata. Selain itu, jarak antara mata dan monitor juga harus berkisar antara 20 hingga 28 inci. 

Untuk pencahayaan, kamu bisa menghindari silau atau glare dengan beberapa cara. Kamu bisa menggunakan filter silau pada monitor kamu atau menghindari penggunaan lampu belajar yang memiliki daya tinggi[1].

Menggunakan Meja Berdiri

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2021/11/22/10/33/home-office-6816316_1280.jpg

Penggunaan meja berdiri sangat menarik untuk kamu coba ketika bekerja menggunakan komputer. Pasalnya, kamu bisa mengalami banyak masalah kesehatan jika duduk di depan komputer selama 8 jam. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk bekerja ketika berdiri agar kamu tetap sehat.

Dikutip dari healthline.com, ada beberapa manfaat ketika kamu menggunakan meja berdiri dalam bekerja. Di antaranya, kamu dapat mengurangi risiko dan beberapa masalah kesehatan seperti[2]:

  • Obesitas
  • Gula darah
  • Penyakit jantung
  • Sakit punggung

Secara psikologis, kamu juga dapat memperoleh manfaat seperti meningkatnya mood serta energi kamu[3]. Percaya atau tidak, produktivitasmu bahkan bisa meningkat, mengingat bahwa posisi berdiri tidak mempengaruhi kesalahan mengetik, berdasarkan studi oleh Husemann dkk., di tahun 2009[4].

Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/06/09/20/38/woman-1446557_1280.jpg

Banyak hal yang akan kamu temukan di media sosial, seperti postingan, story, hingga komentar yang berasal dari orang lain, baik itu adalah teman kamu atau bukan. Tanpa menyikapinya dengan bijak, kamu bisa mengalami stress hanya dengan membaca atau melihat konten tersebut.

Menghindari Perbandingan antara Kamu dengan Orang Lain

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/06/23/08/55/board-2433978_1280.jpg

Melalui postingan atau status dari orang lain terutama orang yang kamu kenal, kamu bisa mengetahui kabar mereka saat ini. 

Kamu mungkin melihat mereka yang kamu anggap lebih sukses dari kamu setelah mengetahui bahwa mereka berhasil melanjutkan studinya di luar negeri, dan ada pula yang sudah menikah, kontras dengan apa yang kamu alami saat ini. Ini adalah salah satu perbandingan yang bisa memicu stres untukmu.

Ini adalah hal yang perlu kamu hindari dalam bersosial media. Sebagai motivasi, kamu perlu mengetahui bahwa bisa jadi saat ini bukan saatnya kamu bersinar. Alih-alih membandingkan, alangkah baiknya jika kamu lebih fokus pada diri kamu sendiri, dan berjuang untuk menjadi yang terbaik.

Menyikapi Negativisme dalam Bersosial Media

Social Media

Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2020/11/06/07/42/girl-5717067_1280.jpg

Negativisme yang dimaksud di sini adalah konten-konten yang bersifat menyerang atau perdebatan yang biasanya terjadi dalam sesi komentar dari suatu postingan. Kedua hal ini memang berpotensi membuat semua orang yang membaca menjadi tidak tenang, sehingga stres pun bisa timbul. 

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menghindarinya. Kamu bisa melawan ini dengan memberikan konten yang positif sehingga mood kamu bisa lebih terjaga. Ini juga salah satu cara menggunakan internet dengan bijak serta bentuk upaya untuk mengurangi bahaya penggunaan internet.

Penutup

Ada banyak tips agar internetan yang sehat bisa kamu lakukan. Intinya, kamu harus memperhatikan kesehatan kamu sehingga bisa tetap produktif dan bahagia dalam berinternet.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *