Terobosan WiFi Generasi Terbaru, Apa Itu WiFi 6?

April 20, 2022

Teknologi WiFi atau internet nirkabel terus mengalami perkembangan. Simak apa yang dimaksud dengan teknologi WiFi 6 berikut ini!

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi WiFi menjadi makin cepat untuk memenuhi kebutuhan bandwidth yang terus meningkat. Tidak hanya untuk semua aktivitas kerja, kita membutuhkan akses internet yang cepat untuk streaming, bermain game, melakukan panggilan video atau sekadar berbelanja online. WiFi 6 kini hadir menjadi standar jaringan nirkabel terbaru dan terbaik.

Sampai sekarang, masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang WiFi 6. Diumumkan pada tahun 2018 dan memasuki pasar mulai 2019, kini sudah banyak router dan perangkat yang kompatibel untuk digunakan dalam jaringan ini. Pun, sekarang adopsinya makin meluas. Jika Anda tertarik menggunakannya, pahami dahulu apa itu WiFi 6. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Pengertian WiFi 6

wifi 6

Sumber : Asus

WiFi 6 adalah generasi berikutnya dari teknologi WiFi. Secara umum, cara kerjanya masih sama seperti WiFi yang kita kenal yakni menghubungkan Anda ke jaringan internet. Hanya saja di dalamnya dilengkapi dengan sekelompok teknologi tambahan sehingga membuat kinerjanya menjadi lebih efisien sehingga koneksi yang Anda nikmati bisa lebih cepat. Pertanyaannya: seberapa cepat WiFi 6?

Untuk melihat seberapa cepat WiFi 6, kita harus membandingkannya dengan versi sebelumnya yakni WiFi 5. Jika pada WiFi 5 kita hanya bisa menikmati kecepatan sampai 3,5 Gbps, maka dengan WiFi 6 Anda bisa menikmati sampai 9,6 Gbps. Ini sebenarnya bukan jawaban sesungguhnya. Mengapa?

Kedua kecepatan tersebut adalah kecepatan maksimum teoretis yang tidak mungkin Anda peroleh dalam penggunaan WiFi di dunia nyata. Selain itu, Anda mungkin tidak membutuhkannya. Di Amerika Serikat misalnya, kecepatan pengunduhan yang umum hanya 72 Mbps atau hanya 1% dari kecepatan maksimum teoretis yang disebutkan.

Tetapi fakta bahwa WiFi 6 memiliki batas kecepatan teoretis yang jauh lebih tinggi dari pendahulunya masih penting. Pasalnya, kita tidak menggunakan semua kecepatan itu untuk satu perangkat saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk dibagi ke semua perangkat yang ada dalam jaringan. Artinya, lebih banyak kecepatan potensial yang bisa diraih oleh setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda.

WiFi 6 Bukan Sekadar Teknologi yang Lebih Cepat

Sumber : Asus

Alih-alih sekadar meningkatkan kecepatan untuk masing-masing perangkat, WiFi 6 adalah tentang meningkatkan kualitas jaringan ketika ada banyak perangkat yang terhubung. Ini adalah sebuah tujuan penting.

Ketika WiFi 5 keluar pertama kalinya, rata-rata rumah tangga di Amerika Serikat hanya memiliki 5 perangkat yang terhubung di dalamnya (di setiap negara, penggunaannya mungkin berbeda-beda). Sekarang dengan menggunakan WiFi 6, jumlah perangkat yang terhubung tentu akan semakin besar (bisa mencapai 9 perangkat). Banyak orang memperkirakan bahwa jumlah ini akan mencapai rata-rata 50 perangkat dalam beberapa tahun mendatang.

Penambahan jumlah perangkat tanpa adanya peningkatan kemampuan WiFi tentu akan berdampak buruk pada jaringan Anda. Router secara umum hanya bisa berkomunikasi dengan jumlah perangkat tertentu. Semakin banyak gadget yang membutuhkan WiFi, semakin lambat jaringan secara keseluruhan.

WiFi 6 memperkenalkan beberapa teknologi baru untuk membantu mengurangi masalah yang muncul saat Anda menghubungkan banyak perangkat sekaligus dalam 1 jaringan. Ini memungkinkan router untuk berkomunikasi dengan banyak gadget yang terhubung ke dalam jaringan, mengirimkan data ke semua perangkat dalam siaran yang sama sekaligus memungkinkan perangkat WiFi menjadwalkan check-in dengan router. Dengan perpaduan fitur-fitur ini, koneksi akan terjaga tetap stabil meskipun semakin banyak perangkat yang menggunakan data.

Lalu, bagaimana Anda bisa menggunakan WiFi 6? Anda harus memiliki perangkat yang mendukung WiFi 6. Untungnya, saat ini Anda sudah bisa menemukan berbagai merek laptop maupun ponsel yang bisa digunakan dengan jaringan WiFi 6.

Ingin mencoba menggunakan WiFi 6 di kantor Anda? Nusanet Internet Solution Provider siap menyediakan perangkat WiFi 6 untuk Anda yang berlangganan paket bisnis. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *