Apa itu Spam Email? Berikut Penjelasan dan Cara Mencegahnya

September 13, 2021

Selain kotak masuk atau inbox, Anda juga mungkin mendapatkan email spam. Sebenarnya, apa itu spam email? Sederhananya, spam email merupakan pesan yang Anda dapat secara acak tanpa tahu siapa yang mengirimkan pesan tersebut.

 

Tujuan utama spam email berkaitan dengan promosi produk. Lalu, mengapa email Anda mendapatkan spam tersebut? Berikut beberapa penyebabnya:

 

  • Pengirim mendapatkan alamat email Anda dengan mengetiknya secara acak.
  • Alamat email Anda ditemukan dengan mengetik manual.
  • Terjadi kebocoran data pengguna.
  • Pengirim menemukan alamat email Anda dari relasi.

 

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Lantas, bagaimana cara mencegah email mendapatkan spam? Berikut beberapa caranya:

 

  • Tidak Perlu Membalas Email Spam

Spam email memiliki ciri khas, yaitu pengirim yang tidak dikenal dan berisikan promosi produk. Jika Anda mendapatkannya, sebaiknya jangan dibuka dan langsung saja hapus email tersebut.

 

  • Memiliki Lebih dari Satu Alamat Email

Solusi berikutnya adalah membuat alamat email lain yang khusus untuk berinteraksi dengan dunia maya. Jadi, email utama Anda tidak akan terganggu dengan masuknya spam.

 

  • Tidak Mengumbar Alamat Email di Dunia Maya

Internet dan digitalisasi membuat informasi apapun bisa didapat dengan mudah. Jadi, sebisa mungkin Anda tidak menuliskan alamat email dalam blog atau media sosial.

 

  • Aktifkan Fitur Antispam

Fitur ini akan langsung menyaring spam email yang masuk dan memindahkannya dalam kotak masuk khusus email spam. Jadi, Anda bisa mengecek semua spam email pada folder tersebut.

 

  • Ganti @ dengan [at]

Jika terpaksa harus melampirkan email di website, makan gantilah @ dengan [at]. Cara ini akan melindungi email Anda dari spam email secara otomatis.

 

Demikian tadi penjelasan apa itu spam email dan cara mencegahnya. Tak hanya akses yang mumpuni, pastikan juga penyedia layanan internet yang Anda gunakan mampu melindungi email dari aktivitas spam, phishing, dan fraud.

 

Percayakan saja pada Nusanet, pilihan terbaik untuk koneksi internet Anda. Memiliki lisensi dari Ditjen Postel, Nusanet menawarkan solusi 4S untuk koneksi internet Anda, yaitu kecepatan, stabilitas, keamanan, dan dukungan kenyamanan penggunaan internet.

 

Tak hanya itu, Anda pun dapat dengan mudah melihat traffic pemakaian internet secara real-time dan beberapa hari sebelumnya. Jadi, Anda bisa mengetahui kapan koneksi internet sedang penuh, putus dan kembali menyambung, hingga mati total.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *