Community Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

September 7, 2021

Mulai banyak dijalankan berbagai brand, community marketing dipandang efektif menjangkau target pasar tertentu. Cari tahu informasi lengkapnya di sini.

Anda dapat melakukan berbagai strategi pemasaran demi mendongkrak penjualan. Salah satu yang belakangan tengah naik daun adalah community marketing. Meski masih kalah pamor dibandingkan strategi pemasaran konten, media sosial, dan email, teknik ini bisa meraih hasil efektif jika diterapkan dengan tepat.

Mari simak penjelasan selengkapnya tentang strategi pemasaran komunitas di bawah ini.

Definisi

Strategi pemasaran komunitas mengacu pada bagaimana keaktifan suatu bisnis dalam berinteraksi dengan komunitas konsumen yang dimiliki. Biasanya, interaksi tersebut berlangsung secara offline maupun online. Sebut saja, melalui grup Facebook, komunitas lokal, forum online, atau penyelenggaraan event berupa seminar dan workshop.

Strategi pemasaran ini fokus pada usaha membangun, memelihara, dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen bisnis tanpa terkecuali. Kunci utama yang harus dipegang adalah komunikasi dua arah yang sehat antara Anda sebagai brand bisnis dan konsumen. Maka, mendengarkan dan menanggapi apa kebutuhan serta keinginan mereka jadi sesuatu yang mendasar.

Manfaat Strategi Pemasaran Komunitas

Lantas, apa manfaat strategi pemasaran komunitas yang bisa Anda nikmati?

  1. Membangun kesetiaan dan kepercayaan konsumen lewat usaha Anda untuk berinteraksi dengan mereka, seperti mau mendengarkan, berdiskusi, memberi informasi, dan menerima saran.
  2. Meningkatkan jangkauan brand awareness bisnis Anda karena semakin banyak orang yang akan membicarakan bisnis tersebut, baik melalui internet maupun di dunia nyata.
  3. Memahami karakteristik konsumen secara mendalam karena Anda telah membangun komunikasi terbuka dengan mereka. Anda bisa menggali apa sebetulnya yang mereka mau dan butuhkan. Informasi itu dapat Anda maksimalkan untuk pengembangan bisnis, mulai dari inovasi produk hingga strategi pemasaran.
  4. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Siapa yang tidak mau punya pelanggan tetap? Keberadaan mereka yang setia membeli dan menggunakan layanan Anda akan membantu promosi bisnis. Mereka tentu tidak ragu merekomendasikan bisnis Anda ke keluarga, teman, maupun kolega.

Jenis Community Marketing

Nah, Anda juga perlu tahu apa saja jenis pemasaran komunitas yang ada.

  1. Organic community marketing yang mengacu pada komunitas bentukan konsumen tanpa bantuan pemilik bisnis. Contoh, diskusi forum online, komunitas tidak resmi, dan grup Facebook penggemar.
  2. Sponsored community marketing yang sengaja Anda bangun sebagai wadah interaksi konsumen, baik interaksi sesama pelanggan maupun dengan Anda. Komunitas ini muncul lewat akun media sosial bisnis, penyelenggaraan event, dan komunitas resmi di kota tertentu.

Setelah Anda memahami pengertian community marketing, manfaat, dan jenisnya, boleh jadi Anda akan terinspirasi melakukan hal serupa. Supaya proses pengembangan strategi pemasaran ini berjalan lancar, terutama yang dilakukan secara online, gunakan internet provider tepercaya seperti Nusanet. Hubungi layanan helpdesk 24 jam kami untuk mulai berlangganan sekarang, yuk!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *