CRM: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

August 30, 2021

Berkaitan erat dengan hubungan pelanggan dan perusahaan pada tataran bisnis, pelajari dahulu apa itu CRM dan manfaatnya untuk pengembangan bisnis Anda.

CRM atau Customer Relationship Management merupakan satu dari sekian banyak sistem yang dipakai perusahaan dalam mengelola bisnis yang fokus pada manajemen hubungan pelanggan dan perusahaan. Supaya Anda dapat lebih memahami sistem tersebut, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Definisi

Seperti telah dijelaskan di atas, Customer Relationship Management merujuk pada suatu sistem atau pendekatan yang mengelola hubungan pelanggan sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan komunikasi dan pemasaran terhadap user yang berbeda. Dalam praktiknya, Anda akan menjumpai tiga komponen manajemen hubungan pelanggan, yaitu:

  1. Manajemen, fokus pada sistem pengelolaan dan upaya meningkatkan hubungan pelanggan.
  2. Hubungan dalam bentuk komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan untuk membangun kepuasan konsumen dalam jangka panjang.
  3. Pelanggan, yakni mereka yang akan, sedang, dan telah memakai jasa perusahaan.

Berdasarkan tiga komponen tersebut, proses pengelolaan hubungan pelanggan akan melalui tiga tahap.

  1. Acquired

Berarti mendapatkan pelanggan baru. Anda perlu fokus pada upaya menciptakan pelayanan prima kepada pelanggan. Mulai dari kesan pertama, pengalaman saat membeli, sampai pengalaman pemakaian produk.

  1. Enhanced

Untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan, Anda dapat mencoba dua cara. Pertama, up selling yang fokus pada penawaran produk serupa dengan kualitas lebih baik. Kedua, cross selling yang menawarkan produk pelengkap atas barang yang telah dimiliki pelanggan.

  1. Retain

Dalam upaya mempertahankan pelanggan, perlu adanya pelayanan dan dukungan aplikasi yang bisa memfasilitasi berbagai kebutuhan mereka. Anda pun harus meluangkan waktu untuk mendengarkan dan menerima masukan mereka. Informasi ini penting sebagai dasar evaluasi dan perbaikan produk maupun sistem pelayanan sehingga bisa melayani pelanggan lebih baik lagi.

Manfaat CRM untuk Bisnis Anda

Mengulik penjelasan di atas, tentu Anda mulai terbayang apa pentingnya sistem manajemen hubungan pelanggan untuk pengembangan bisnis. Berikut beberapa poin manfaat yang perlu Anda ketahui.

  1. Meningkatkan loyalitas pelanggan melalui keberadaan informasi pelanggan, seperti web, call center, atau staf pemasaran.
  2. Membuat operasional kerja lebih efisien karena sistem ini mempermudah proses penjualan produk dan pelayanan pelanggan.
  3. Memberikan informasi dan data kebutuhan pelanggan sehingga Anda bisa fokus menjual produk lewat skema serta target yang spesifik. Ujungnya, Anda bisa menekan biaya produksi karena sudah tahu mana fokus pengembangan bisnisnya.
  4. Mencapai pendapatan optimal karena ketika ketiga poin di atas berhasil dilakukan, otomatis akan berpengaruh pada tingkat pendapatan dan keuntungan yang diperoleh.

Itulah penjelasan ringkas tentang CRM dan manfaatnya bagi bisnis Anda. Untuk memperlancar proses bisnis, jangan lupa berlangganan internet provider andal seperti Nusanet. Cek layanan helpdesk 24 jam kami untuk mulai berlangganan sekarang.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *