Engagement Rate: Pengertian, Cara Mengukur, dan Tips Meningkatkannya

August 24, 2021

Pelajari dahulu apa itu engagement rate, bagaimana cara mengukur, dan meningkatkannya. Mari simak ulasan lengkapnya di sini.

 

Pengguna media sosial tentu akrab dengan istilah engagement rate. Istilah ini mengacu pada salah satu indikator keterlibatan audiens sehingga dapat membantu Anda mempertajam strategi digital marketing.

Apa pengertian engagement rate atau ER, cara mengukur, dan tips meningkatkannya? Simak ulasan berikut ini.

Definisi

ER merujuk pada metrik standar yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu konten di media sosial, terutama Facebook dan Instagram. Para influencer dan digital marketer harus memahami ER agar dapat menilai sejauh mana audiens terlibat dengan post atau konten yang mereka unggah.

ER berfungsi sebagai alat riset yang bertujuan memahami apa keinginan audiens. Anda dapat melihatnya dari jumlah interaksi mereka dengan suatu konten.

Faktor yang mempengaruhi ER pun ternyata berbeda-beda, mengikuti apa platform yang Anda gunakan. Misalnya, untuk mengetahui ER website, perhatikan durasi pengunjung web di tiap halaman, jumlah tampilan rata-rata, bounce rate, dan scroll depth. Sementara, ER di media sosial seperti Instagram bergantung pada jumlah likes, saved, share, dan komentar.

Cara Menghitung ER

Seperti penjelasan sebelumnya, masing-masing platform punya indikator ER berbeda sehingga perhitungan yang diterapkan pun tidak selalu serupa. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghitung ER.

  1. ER by reach

Cara ini memperhitungkan seberapa luas jangkauan post Anda mencapai audiens atau user unik lain. Artinya, post itu tidak cuma dilihat followers, tetapi juga pengguna lain yang bukan pengikut akun.

  1. ER post

Cara berikutnya dapat dilakukan dalam situasi angka post reach akun Anda cukup fluktuatif dan membaginya dengan total followers. Jadi, nilai ER yang didapat lebih stabil.

  1. ER views

Cara ini bisa diandalkan jika Anda mengandalkan konten video untuk promosi. Tinggal perhitungkan view dan unique view saja, yaitu pengguna yang menonton video sama berulang kali.

Tips Meningkatkan ER

Lalu, bagaimana cara meningkatkan ER untuk promosi bisnis? Ini dia tipsnya.

  1. Sematkan kalimat call to action
  2. Ajak dan libatkan followers untuk berdiskusi atau berkomentar
  3. Pakai hashtag yang tepat
  4. Lakukan promosi silang di media sosial lain
  5. Pakai fitur terbaru yang sedang tren (Reels di Instagram, Shorts di YouTube)
  6. Kenali tanggapan audiens sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran digital dengan kebutuhan bisnis saat ini.

 

Demikian penjelasan singkat mengenai keberadaan engagement rate dalam mempromosikan bisnis Anda. Pastikan Anda sudah memakai internet provider berpengalaman seperti Nusanet untuk mempermudah eksekusi strategi pemasaran bisnis. Yuk, segera kontak helpdesk 24 jam kami untuk berlangganan!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *