Cara Kerja Trojan dan Bagaimana Mengatasinya

September 21, 2021

Waspada serangan Trojan di dunia maya. Ketahui bagaimana cara kerjanya dan mengatasinya.

Dara dari Purplesec menyebutkan, pandemi membuat serangan cybercrime mengalami peningkatan hingga 600%. Ternyata, sebanyak 51% kasus tersebut berasal dari Trojan.

Trojan sendiri merupakan virus atau malware di dunia maya yang dapat menyamar menjadi file, link, dan software. Bahkan, malware ini juga bisa menyerupai email yang seakan-akan berasal dari perusahaan bonafit.

 

Cara Kerja Trojan

Cara Trojan bekerja bisa dibilang sederhana. Tak heran jika banyak orang yang masih terperangkap dengan jenis malware ini. Singkatnya, Trojan bekerja dengan skema berikut ini.

  • Hacker atau peretas akan mengirim umpan kepada sasarannya. Contohnya bisa berupa link khusus, software, atau file dalam format PDF.
  • Target akan menerima umpan dengan mengklik file tersebut.
  • Malware Trojan pun aktif dengan cara mengirimkan semua informasi yang diinginkan oleh peretas melalui website maupun perangkat.
  • Selanjutnya, hacker pun menjadi pengendali sistem dan bisa menjalankan berbagai aksi kriminal siber.
  • Server maupun perangkat yang telah terinfeksi Trojan bisa menularkan malware berbahaya ini pada website atau perangkat lainnya yang masih berkaitan.

Perlu diketahui bahwa Trojan baru akan aktif saat diundang ke perangkat atau website Anda. Kesimpulannya, malware ini membutuhkan target untuk bisa digunakan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Agar Trojan tidak merusak perangkat maupun website Anda, lakukan cara berikut ini.

  • Gunakan Antivirus

Menggunakan antivirus pada perangkat akan membantu mencegah masuknya malware, mendeteksi adanya aktivitas yang tak biasa, dan menghapus virus yang hendak merusak perangkat.

  • Waspada dengan Email Tak Dikenal

Waspada saat menerima email yang tidak dikenal karena bisa jadi itu adalah spam atau phising. Jangan dibuka dan langsung hapus email tersebut.

  • Unduh File dari Laman Resmi

Selanjutnya, pastikan Anda mengunduh file, aplikasi, atau data apapun hanya dari laman resmi. Sering ditemui, file yang Anda unduh justru berisi Trojan.

  • Jangan Klik Pop-up

Jangan panik jika mendapatkan pop-up berisi informasi bahwa perangkat telah terkena virus Trojan saat membuka website. Jangan klik pop-up dan segera tutup laman tersebut, lalu scan perangkat dengan antivirus.

  • Gunakan Koneksi Internet yang Aman

Koneksi internet juga berpengaruh, jadi pastikan Anda memakai layanan yang aman dan tepercaya. Nusanet salah satunya.

Selain menawarkan akses internet cepat dan stabil, Nusanet juga memberikan perlindungan DNS dan email protection untuk kenyamanan penggunaan internet Anda. Jangan sampai salah pilih, percayakan Nusanet sebagai Internet Service Provider Anda.

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *