Hardisk: Pengertian dan Bedanya dengan SSD

September 28, 2021

Bingung memilih hardisk atau SSD untuk perangkat komputer? Ketahui perbedaannya berikut ini.

Tahukah Anda kalau hardisk telah digunakan sejak tahun 1980-an? Perangkat keras merupakan bagian penting dari komputer yang dibuat untuk menyimpan data di laptop atau komputer. Biasanya, hardisk akan ditampilkan dengan nama  drive C, D, dan E.

Apa Bedanya dengan SSD?

Selqin hardisk, kamu juga mungkin tidak asing dengan SSD atau Solid State Drives. Jika hardisk menggunakan komponen bergerak, maka SSD memiliki komponen yang statis atau tidak bergerak.

Perangkat keras satu ini memakai semikonduktor guna melakukan tugasnya sebagai tempat menyimpan data. Tidak adanya komponen yang bergerak membuat SSD lebih tahan lama dan bekerja lebih cepat. Meski begitu, harganya memang bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan dengan hardisk. 

Tidak hanya itu, skema perpindahan dengan hardisk juga rentan dengan kerusakan yang disebabkan karena kontak atau gerakan yang kuat. Mudahnya, jika Anda menjatuhkan perangkat laptop yang menggunakan hardisk, akan terjadi benturan komponen di dalam perangkat tersebut, termasuk hardisk itu sendiri.

Hal tersebut akan berakibat terjadi data hilang bahkan kerusakan hardisk secara langsung. Nah, jika menggunakan SSD, hal tersebut tidak akan terjadi. Penggunaan SSD memang lebih tepat untuk kondisi berikut ini.

  • Perangkat laptop atau notebook yang sering dibawa berpindah tempat.
  • Boot drive yang mengendalikan aplikasi dan sistem operasi. Ini karena SSD akan membuat booting maupun running aplikasi menjadi lebih cepat.
  • File pekerjaan yang sedang melalui proses editing, seperti video, foto, maupun audio.
  • Swap drive, karena SSD akan membantu mempercepat proses paging disk.
  • Cache drives dan server database.
  • Memperbarui perangkat komputer. Jika komputer Anda mulai lambat dalam proses booting, menggunakan SSD sebagai komponen boot drive bisa membuat perangkat tersebut bekerja lebih cepat layaknya komputer baru.

Apabila Anda membutuhkan perangkat komputer untuk aktivitas rumahan atau bisnis tanpa kapasitas penyimpanan yang tinggi, SSD bisa menjadi pilihan. Sementara itu, Anda bisa menggunakan hardisk untuk NAS, penyimpanan sekunder, RAID, atau perangkat cadangan pada sistem.

Tak hanya memilih hardware yang tepat untuk menyimpan data, Anda juga harus pintar memilih layanan internet sehingga aktivitas digital pun tetap lancar tanpa kendala. Tak perlu ragu untuk memilih Nusanet, salah satu penyedia layanan internet terbaik di Indonesia.

Selain menyediakan akses internet cepat dan stabil, Nusanet juga menjamin keamanan akses internet setiap pelanggan dengan layanan email protector dan DNS. Pun, Anda bisa mengecek traffic penggunaan internet secara real-time. Segera hubungi Nusanet untuk informasi lengkapnya, ya!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *