Word of Mouth Marketing dan Kegunaannya

May 21, 2021

Anda tentu tidak asing dengan istilah word of mouth, bukan? Istilah ini sering digunakan para pebisnis untuk menyebut teknik marketing yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Word of Mouth Marketing (WOMM) tercatat sebagai salah satu metode pemasaran paling ampuh untuk menggaet pelanggan baru sekaligus menyakinkan konsumen membeli produk atau layanan jasa yang ditawarkan.

Kendati efektif meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan, penerapan WOMM tidaklah mudah. Berbeda dengan alat marketing lain, WOMM tidak memiliki formula khusus sehingga Anda harus memahami lebih dulu konsepnya agar proses pemasaran menggunakan metode ini dapat berjalan maksimal.

Sekilas Tentang Word Of Mouth Marketing

Word of mouth adalah strategi pemasaran yang mengandalkan rekomendasi serta ulasan positif dari konsumen terhadap suatu produk atau layanan jasa dengan tujuan untuk menjaring lebih banyak calon pelanggan potensial. Umumnya, ulasan yang berisikan kepuasan pelanggan sangat efektif mengajak dan menyakinkan calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Kegunaan Word Of Mouth Marketing

Strategi WOMM ini tergolong sederhana serta tidak membutuhkan biaya besar. Sangat cocok diterapkan oleh pebisnis baru, pelaku UKM, dan pebisnis yang ingin membangun serta meningkatkan kesadaran merek. Agar lebih jelas, simak sejumlah kegunaan word of mouth marketing berikut ini!

  • Memberikan informasi kepada calon konsumen mengenai produk atau layanan yang dimiliki.
  • Pemasaran bersifat gratis dan dinilai lebih tepercaya karena berasal dari orang yang sudah pernah mencoba produk atau layanan tersebut.
  • Membangun brand awareness.
  • WOMM dapat digunakan sebagai sarana untuk menilai suatu produk atau layanan secara gamblang dan jujur dari sudut pandang konsumen yang dinilai lebih objektif.
  • Memberikan pengaruh yang besar sehingga berdampak pada peningkatkan penjualan.
  • Teknik WOMM tidak terbatas waktu dan ruang sehingga sifatnya lebih fleksibel.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa word of mouth marketing merupakan metode pemasaran yang mengandalkan kekuatan konsumen dan pelanggan untuk mempromosikan brand atau produk secara organik melalui mulut ke mulut, ulasan blog, video, ataupun foto. Ingin bisnis Anda makin lancar? Gunakan layanan internet yang lebih cepat, stabil, dan aman dari Nusanet Bali!

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *