Skip to content
logo nusanet
  • Produk
    Internet Access
    Gambar gedung broadband fiber optic business
    Broadband Fiber Optic

    Jelajahi dunia, dimulai dari Bisnis Anda. Nikmati internet kecepatan tinggi

    Gambar gedung dedicated business
    Dedicated Business Priority Fiber Optic

    Jangan asal pilih WiFi buat bisnismu, cukup Nusanet yang pasti

    Produk Lainnya
    • logo nusawork
      Nusawork

    • Logo NusaID Cloud
      NusaID Cloud

  • Promo
    promo-internet-broadband-business

    Koneksi Cepat Untung Berlipat

    GRATIS Biaya Instalasi + Diskon 15% & Disc 2 Bulan

    Lihat Promo ->
    promo-internet-dedicated-1:1-nusanet-bali

    Koneksi Terang Bisnis Germilang

    GRATIS Biaya Instalasi + Diskon 15% & Disc 1 Bulan

    Lihat Promo ->
  • Profil Nusanet
    Karyawan Nusanet Bali
    Tentang Kami

    Cerita latar belakang perusahaan  PT. Media Antar Nusa (Nusanet)

    Lowongan Kerja Nusanet Bali
    Life at Nusa

    Temukan peluang karirmu Bersama kami

  • Langganan Sekarang
Langganan Sekarang

Helpdesk

  • Cara Request Trial Cloud Server di nusa.id cloud
  • Cara Menghubungkan Domain ke Cloud VPS
  • Cara Setting VPN L2tp di VPS Mikrotik CHR
  • Cara Mengganti Port SSH di Cloud Server
  • Reset Password Root VPS
  • Request Satu User Baru G Suite (Google Workspace)
  • Request Buka CCTV di PC/Komputer/Laptop
  • Request Setting app CCTV di Smartphone
  • nHospitality Tidak Konek
  • Request Blok Website
  • Request Setting Ulang Router/ AP
  • Request Setting CCTV / DVR
  • Request Sharing Printer
  • Request Ganti Perangkat
  • Request Reset/Ganti Password Members /Mynusa
  • Request Reset / Ganti Password Email
  • Pengecekkan MRTG Upload Tinggi
  • Request Reset / Ganti Password Wifi
  • Pelanggaran Hak Cipta
  • Request Cek Perangkat yang Terkoneksi
  • Request Cek Jangkauan Sinyal
  • Email Compromised
  • Request Setting Vpn
  • Request Setting Router / PC / AP
  • Request Penambahan Acces Point
  • Request Tarik Kabel Ke PC / AP
  • Sebagian Perangkat Tidak bisa Konek Internet
  • Tidak Bisa Lihat CCTV / DVR tidak Terhubung
  • Router/AP/Swicth/Perangkat Hang
  • Radio Default
  • Router Default
  • IP konflik / Bentrok
  • Tidak bisa Tersambung / Ping ke IP Tertentu
  • Tidak Bisa Buka Website
  • Latency Game tinggi, Game Putus Sambung
  • Lampu Indikator Router Deco Berwarna Merah
  • Tidak Bisa Konek WIFI
  • Trafik Pemakaian Penuh atau Tidak Wajar
  • FO Cut/FO Putus/ Lampu Loss Menyala/Lampu ONU Merah
  • Link Radio Tidak Maksimal / Tidak Sesuai Standart
  • Tidak Bisa Kirim dan Terima Email
  • Radio Tidak Register
  • Tidak Bisa Internet
  • Internet lambat
  • Terimpak Gamas
  • Router Rusak/Padam
  • Wifi Putus Sambung/Interferensi
  • Request Forward Port
  • Internet Putus-Sambung
  • Tidak Bisa VPN
  • PC Tidak Konek Internet
  • Tidak Bisa Akses Email Menggunakan Ip Provider Lain

FAQ

  • Troubleshooting Wifi Interferen Router Deco
  • Rekomendasi dan Best Practice Port Forwading
  • Cara Menghentikan Seeding (Upload) Otomatis Setelah Donwload Selesai di Perangkat Lunak Torrent Utama
  • Mengenal Fast Roaming / Seamless Roaming pada Deco System
  • Apa Itu Router
  • Kenapa Nusanet Membatasi Akses ke Router Customer
  • Dalam Hal Jangkauan Wi-Fi, Hijau Tidak Selalu Merupakan Warna yang Bagus
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
  • Apa Itu Bandwidth
  • Bagaimana Bila ingin penarikan Kabel untuk Jaringan Lokal Saya?
  • WI-FI 7 Nirkabel Tercepat Masa Depan
  • Cara mengatasi error “A required certificate is not within its validity period” pada Microsoft Outlook
  • Cara Memperbaiki Wi-Fi di Mac
  • Kenapa Meeting Saya Putus Sambung / Tidak Bagus / Patah-Patah?
  • Cara Menggunakan Pemulihan Firmware Jika Deco Menjadi Brick
  • Bagaimana cara buka is.nusa.net.id dari Koneksi selain Nusanet(Internal Nusanet)
  • Kenapa Saya Main Game Sering Putus Sambung?
  • Saran Untuk Membuat Mail Server Anda Menjadi Lebih Aman
  • Berapa Jauh Jangkauan Wifi Nusanet yang Akan Dipasang di Rumah/Kantor Saya?
  • Berapa Lama Waktu Instalasi Setelah Saya Melakukan Registrasi?
  • Apakah Butuh Tiang/Tower Untuk Pemasangan Internet Nusanet?
  • Bagaimana Prosedural Berlangganan Nusanet?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Jika Router Saya kembali ke Pengaturan Default?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Tagihan Yang Harus Saya Bayarkan?
  • Apakah Ada Paket Untuk CCTV Camera?
  • Berapa Biaya Pemasangan Internet Nusanet?
  • Apakah Syarat Untuk Berlangganan Nusanet?
  • Apakah Nusanet Bisa Menonton TV via Internet?
  • Apakah Saya Bisa Main Game Online di Pc/Playstation/PS4/PS5/Nintendo/Xbox/Android Menggunakan Nusanet?
  • Perangkat Wifi Apa yang Cocok Dipakai di Rumah/ Kantor Saya?
  • Kenapa Speed yang Ditawarkan Nusanet Cenderung Lebih Kecil Dibanding dengan Provider Lain?
  • Bisakah Saya Koneksikan Jaringan Lokal Saya Dengan Jarak Jauh/1Km?
  • Saya Tidak Bisa Membuka Link Website Tertentu. Apa Yang Harus Saya Lakukan?
  • Kenapa Saya Tidak Bisa Akses Vpn?
  • Apakah Saya Dikenakan Biaya Jika Ingin Menambah Perangkat Wifi?
  • Apakah Saya Diberikan Akses Untuk Mengatur Sendiri Pengaturan Perangkat WiFi?
  • Bagaimana Jika Saya Ingin Upgrade/Downgrade Layanan Internet?
  • Kenapa streaming saya sering loading/buffering?
  • Apakah Saya Dapat Mengajukan Off internet Sementara?
  • Mengapa WiFi Saya Terhubung Tapi Ada Tanda Seru, dan Tidak Bisa Akses Internet ?
  • Mengapa Perangkat WiFi Saya Terus Bekerja Meski Tidak ada yang Sedang Menggunakan Internet ?
  • Bagaimana Cara Menentukan Posisi yang Tepat Untuk Router WiFi Saya?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Berapa Banyak Perangkat yang Terhubung di Rumah / Kantor Saya?
  • Jangkauan / Coverage Internet Nusanet Sampai Dimana?
  • Bisakah Nusanet Membantu Saya Installasi Jaringan Lokal Saya?
  • Apa Itu Nusanet?
  • Bagaimana Jika Perangkat yang Dipinjamkan Rusak atau Hilang?
  • Berapa Kecepatan Maksimal Nusanet?
  • Apakah Dikenakan Pajak Untuk Seluruh Biaya Internet Saya?
  • Apakah Ada Tambahan Fasilitas Untuk Pelanggan?
  • Jika Hardware Saya Bermasalah, Apakah Ada Bantuan Teknis yang Bisa Datang?
  • Bisakah Saya Minta Buka/Tutup Port Server atau Program?
  • Berapa Latency Nusanet ke Server Game Internasional ataupun Nasional?
  • Apakah Ada Batasan Ukuran File yang Dapat Saya Unduh atau Kirim Melalui Email?
  • Kenapa Sinyal Wifi Saya Lemah dan Tidak Bisa Akses?
  • Backbone Nusanet Apa Saja?
  • Apakah Ada Biaya Tambahan untuk Perangkat Saat Pemasangan Baru
  • Apakah Saya Bisa Melakukan Pergantian Password?
  • Bolehkah Saya Mengunduh File dari Torrent?
  • Berapa Iuran Bulanan Nusanet?
  • Bagaimana Cara Saya Melihat Pemakaian Internet Nusanet
  • Nusanet Apa Ada Hosting ?
  • Apakah Ada Diskon atau Promo dari Nusanet ?
  • Total Bandwidth Nusanet Berapa?
  • Kenapa Saya Telepon Via Whatsapp / WA Sering Putus Sambung / Tidak bagus ?
  • Paket Internet Apa Yang Cocok Untuk Saya?
  • Apa Kelebihan Nusanet Dibandingkan dengan Provider Lain?
  • Berapa Nomor Gangguan Layanan Nusanet?
  • Berapa Biaya Paket Internet Nusanet?
  • Kemana Saya Harus Membayar Tagihan Nusanet?
  • Apakah Nusanet Sudah Mendukung Fiber Optik?
  • Apa Itu Pelanggaran Hak Cipta ?
  • Berapa Nomor Rekening Nusanet?
  • Berapa Kecepatan Paket yang Saya Ambil?
  • Kenapa Internet Saya Terasa Lambat
  • Jam Operasional Kantor
  • Alamat Kantor Nusanet
  • Bagaimana Cara Menghubungi Nusanet
  • Kenapa Internet Saya Tidak Stabil?

Sales

  • Apa itu Layanan Dual Fiber Optic?
  • Apakah Perbedaan Paket Broadband FO Business dengan Broadband Wireless Business?
  • Apa itu Paket Broadband Fiber Optic Business?
  • Apakah bisa berlangganan bulanan?
  • Bagaimana cara mengecek apakah daerah saya tercover nusanet?
  • Apa itu Paket Broadband Fiber Optic Home?
  • Teknologi apa yang digunakan ISP Anda?
  • Apakah nusanet memiliki program referral?
  • Apakah Anda menyediakan layanan lain seperti TV kabel atau telepon rumah?
  • Apakah ada FUP (Fair Usage Policy)?
  • Berapa kecepatan internet yang tersedia?
  • Apa saja paket internet yang ditawarkan?
  • Apakah nusanet menyediakan layanan IP Public?
  • Apakah nusanet menyediakan layanan VPN (Virtual Private Network)?
  • Apakah Koneksi Nusanet Bisa Support CCTV?
  • Apakah Saya Dapat Melakukan Upgrade dan Downgrade Paket Internet?
  • Biaya Apa Saja Yang Harus Saya Bayarkan Untuk Berlangganan Nusanet?
  • Kapan Layanan Internet Nusanet Dapat di Instalasi?
  • Bagaimana cara berlangganan nusanet?
  • Apakah ada Promo atau Diskon?
  • Apakah Ada Paket Selain Akses Internet?
  • Berapa besar SLA internet yang diberikan?
  • Untuk berlangganan Internet apakah harus beli perangkat?
  • Paket apa yang paling cocok untuk kebutuhan saya?
  • Apakah ada Paket Fiber Optic?

Billing

  • Tersedia dimana sajakah aplikasi Mynusa?
  • Cara Pembayaran ke Virtual Bank Mandiri melalui Mobile Banking Mandiri
  • Cara transfer ke Virtual Account Bank Mandiri melalui Mandiri Internet Bisnis (MCM2)
  • Cara Transfer ke BCA Virtual Account melalui mobile banking BCA
  • Pembayaran melalui mynusa (payment online)
  • Saya ingin berhenti berlangganan nusanet , apa saja syarat- syaratnya ?
  • Saya akan keluar kota, apakah internet saya bisa diblok sementara?
  • Lanjut berlangganan internet
  • Kelebihan bayar
  • Saya sudah melakukan pembayaran, mengapa saya belum bisa menggunakan internet?
  • Apa keuntungan melakukan pembayaran via online?
  • Saya harus menghubungi ke mana jika ingin meminta Nomor Seri Faktur Pajak?
  • Untuk jasa internet apakah boleh dipotong PPh 23?
  • Jika saya melakukan pembayaran melalui kartu kredit, apakah ada dikenakan biaya tambahan?
  • Bagaimana cara transfer melalui Virtual Account BCA?
  • Apa keuntungan transfer melalui Virtual Account?
  • Apa itu Virtual Account?
  • Saya tidak memiliki rekening BCA, apakah saya tetap bisa melakukan transfer ke Virtual Account BCA?
  • Informasi apa yang harus saya cantumkan pada saat melakukan transfer?
  • Berapa Nomor Rekening Nusanet?
  • Apa itu E-Billing?
  • Sistem pembayaran apa saja yang dapat digunakan untuk membayar tagihan saya?
  • Tata Cara Pembayaran

Tips Network Engineer

  • Mengenal Fast Roaming / Seamless Roaming pada Deco System
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
  • Seputar Pengetahuan Tentang Kabel Jaringan
  • Setting Email di Iphone
  • Penjelasan Domain dan Hosting Serta Cara Kerjanya
  • Cara Cek Koneksi Wifi di Office Nusanet
  • SETTING DECO
  • Berapa besar kecepatan internet yang saya butuhkan?
  • Troubleshooting Router Deco
  • Mengenal Sistem WiFi Mesh
  • Panduan Allow Vlan di Switch HP
  • Panduan Allow Vlan di Switch Huawei
  • Tips membuat akun email lebih aman
  • Cara Ganti Password Email
  • Setting Email di Outlook 2013
  • Setting Email di IPad Mini
  • Melindungi Perangkat Komputer Anda
  • Gejala Malware
  • Jenis Malware

EDU

  • 6. Mampu Melakukan Instalasi Fisik Perangkat Internet
  • 5. Mampu Mendirikan dan Memanjat Tiang dan Memanjat Tower dan Konsep Keselamatan Kerja
  • 4. Cara Kerja Radio, Router, Access Point, Repeater Mesh, PLC
  • 3. IP Address SubnetMask Gateway DNS Server
  • 2. Topologi Internet Akses
  • 1. Memahami media jaringan komputer (Wire & Wireless & Fiber Optik)

Nusa.id

  • Cara Request Trial Cloud Server di nusa.id cloud
  • Cara Menghubungkan Domain ke Cloud VPS
  • Cara Setting VPN L2tp di VPS Mikrotik CHR
  • Cara Mengganti Port SSH di Cloud Server
  • Reset Password Root VPS
  • Request Satu User Baru G Suite (Google Workspace)

App Track2Ticket

  • Kenapa tracking perjalanan saya jadi lurus, padahal gps saya aktif?
  • Bagaimana keluar dari company yang sekarang dan bergabung dengan company lain?
  • Bagaimana cara mengeluarkan user dari company?
  • Apa maksud status “Trackable”, “Untrackable”, “track off”, “Sign Out”?
  • Petunjuk Instalasi Track2Ticket (T2T)

vlan

  • Panduan Allow Vlan di Switch Huawei
  • Panduan Allow Vlan di Switch HP

App MyNusa

  • Pembayaran melalui mynusa (payment online)
  • Petunjuk Instalasi Nusanet – MyNusa
  • Home
  • FAQ
  • Dalam Hal Jangkauan Wi-Fi, Hijau Tidak Selalu Merupakan Warna yang Bagus

Dalam Hal Jangkauan Wi-Fi, Hijau Tidak Selalu Merupakan Warna yang Bagus

Kita sering berbicara tentang Wi-Fi dalam istilah yang sangat biner, itu “baik” atau “buruk”. Ponsel pintar Kita menampilkan empat bilah untuk menunjukkan Wi-Fi “baik” atau “buruk”. Namun, bahkan empat bar tidak cukup untuk menggambarkan jaringan Wi-Fi.

Sinyal nirkabel tidak seragam dalam ruang yang ingin kita cakup. Sinyal RF dipantulkan dari cermin dan ubin, dan diserap oleh gorden, furnitur, dan tubuh manusia. Coba eksperimen ini: pegang ponsel Anda sangat dekat dengan tubuh Anda. Menghadapi AP di rumah Anda, pantau level sinyal RSSI seperti yang dilaporkan oleh salah satu dari banyak aplikasi pemindaian Wi-Fi. Kemudian berbalik, memegang telepon dekat dengan tubuh Anda. Apakah Anda memperhatikan penurunan RSSI? Tergantung pada alat pemindaian, mungkin diperlukan waktu 30 detik untuk melihat perbedaannya, jadi bersabarlah. Di ponsel Android saya, saya dapat mengakses data RSSI mentah. Memegang telepon dekat dengan tubuh saya menghasilkan delta 4dB dan menurunkan tingkat RF PHY dari 360 Mbps menjadi 180 Mbps.

Dengan semua variabel ini, kita membutuhkan jangkauan sinyal untuk mengekspresikan kualitas jaringan. Banyak alat survei situs populer secara grafis menggambarkan kekuatan sinyal dengan memetakan level sinyal ke dalam peta panas berwarna. Ada satu kelemahan yang sering saya lihat direplikasi saat menganalisis peta panas ini. Sangat sering, alat hanya akan menampilkan nuansa hijau untuk mewakili semua warna dari yang baik, yang buruk dan yang jelek. Hal ini membuat sulit untuk mengidentifikasi area cakupan tersangka. Ketika semuanya berwarna hijau, warna-warna itu berjalan bersama. Agak seperti pilihan pakaian malam teman kita Simon.

Banyak alat survei akan menyertakan metode untuk mengatur rentang warna ke rentang yang ditentukan pengguna. Sekarang mari kita bahas “rentang” terbaik untuk menunjukkan kualitas sinyal untuk jaringan Wi-Fi.

Untuk mendapatkan tingkat RF PHY tertinggi dan kepadatan bit maksimum (QAM); radio 802.11ac khas akan membutuhkan 35dB rasio signal-to-noise (SNR). SNR yang lebih rendah akan menyebabkan tingkat RF PHY dan QAM turun. Lihat lagi hasil tes sederhana di rumah saya. Penurunan 4dB menghasilkan pengurangan 50% dalam tingkat RF PHY. Agar adil, penurunan 50% lebih mungkin merupakan hasil dari menjatuhkan aliran MIMO ketika ponsel dipegang dekat dengan tubuh saya. Jaringan 802.11ac harus dirancang dengan rentang dinamis sekitar 15dB, atau bahkan 10dB jika Anda bisa. Jika 35dB akan menghasilkan kinerja terbaik, maka 20dB SNR harus menjadi yang terendah di lingkungan.

Lebih rendah dari 20dB dan klien akan memiliki koneksi yang lambat, lebih tinggi dari 35dB tidak akan menghasilkan kinerja yang lebih baik. Saya suka mengatur rentang warna ke 20dB, sehingga saya dapat “melihat” di mana beberapa klien mungkin mengalami masalah dan yang lainnya tidak. Perhatikan bagaimana ilustrasi berikut menunjukkan rentang warna 20dB SNR dari yang bagus hingga yang buruk. Saat melihat peta panas ini, kami dapat dengan jelas mengidentifikasi bahwa klien nirkabel akan memiliki masalah di sudut kanan bawah. Di tempat ini, laptop dapat terhubung dengan baik sementara ponsel pintar tidak dapat terhubung atau memiliki koneksi yang lambat. Jika mendesain ke kisaran 10dB, kita dapat mengatakan bahwa Biru dan Hijau adalah Bagus, Kuning cukup baik, dan Merah buruk.

Bukankah RSSI cara standar untuk melihat survei situs RF?

Sejauh ini, kami telah menggunakan SNR untuk menggambarkan jaringan nirkabel. Beberapa merek hotel menggunakan tingkat RSSI untuk menetapkan standar merek untuk Wi-Fi. Yang mana yang harus kita gunakan? RSSI dan SNR secara matematis terkait, dalam [SNR = RSSI – RF background noise]. Alasan kami memilih SNR adalah karena rentang yang sama digunakan oleh chipset radio untuk mengukur sinyal dan noise. Selama dua nilai, sinyal dan noise, diukur menggunakan chipset yang sama, maka SNR adalah indikator yang andal.

RSSI adalah indikator kekuatan sinyal yang diterima – tetapi ini adalah nilai relatif, bukan absolut. Ini relatif terhadap apa pun yang dipilih oleh pabrikan chipset untuk digunakan sebagai nilai maksimum. Itu terdengar buruk. Jika RSSI tidak mutlak, maka seharusnya tidak ada artinya. Untungnya, vendor chipset Wi-Fi umum memilih untuk mengekspresikan RSSI menggunakan skala dBm.

Sementara SNR adalah metrik yang lebih baik, RSSI dapat digunakan. Sebagian besar radio survei situs di laptop dan ponsel pintar tidak dapat mengukur kebisingan RF. Tanpa pengukuran kebisingan RF, yang harus kita gunakan hanyalah RSSI. Jika pengujian jaringan Anda hanya mengandalkan pengukuran RSSI, sebaiknya lakukan beberapa pengujian throughput di tepi cakupan yang diharapkan untuk memvalidasi bahwa SNR yang memadai tersedia untuk kecepatan data maksimum.

Kebisingan RF latar belakang adalah kekuatan sinyal RF kolektif dalam frekuensi tertentu yang kami ukur. Kebisingan RF dapat berasal dari perangkat non-802.11, atau dapat berasal dari pemancar 802.11 lainnya yang menggunakan frekuensi yang sama. Jika noise = level sinyal, maka tidak ada komunikasi yang dapat terjadi.

Kebisingan latar belakang jaringan perusahaan yang khas adalah sekitar -90 dBm. Dalam jaringan kepadatan tinggi seperti stadion, ballroom hotel, dan pendidikan; lantai kebisingan bisa naik hingga -80 dBm. Perusahaan yang jarang digunakan mungkin memiliki nilai ini di tepi jaringan: [(-60 RSSI) – (-90 noise) = 30 dB SNR]; sedangkan ballroom dengan kepadatan tinggi mungkin memiliki [(-60 RSSI) – (-80 noise) = 20 dB SNR]. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tujuan penggunaan ruang untuk Wi-Fi, kepadatan orang dan perangkat, serta jenis perangkat yang akan terhubung.

Wow, itu benar-benar keluar jalur. Kami mulai berbicara tentang empat bar untuk sinyal Wi-Fi dan berakhir dengan pekerjaan rumah matematika. Mari beri tahu teman kita Simon tiga hal: biarkan orang lain memilih warna Anda, jangan makan sushi di pom bensin, dan rancang jaringan Anda ke 25dB SNR.

Sumber:cambiumnetworks.com

NUSANET ISP
Kompleks Multatuli Indah, Blok D No. 1 Medan 20151 – Indonesia
Phone : +62 61 4558100 ; +62 61 30018200
WhatsApp Helpdesk: 081 98 54321 (Tidak Bisa di Call)
Web : https://bali.nusa.net.id

Updated on August 20, 2024
Bagikan Artikel Ini:
  • Facebook
  • X
  • LinkedIn
  • Pinterest
Kenapa Nusanet Membatasi Akses ke Router CustomerPengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
logo nusanet

Nusanet didirikan pada tahun 1996 sebagai salah satu ISP terdepan di Indonesia dengan sertifikasi ISO 27001 & 9001. Menawarkan berbagai layanan internet untuk berbagai segmen dan paket sesuai kebutuhan pelanggan. Temukan paket internet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jl. Gatot Subroto Tengah No.320, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233

061 4558 100

081 98 54321

Produk Terkait

  • Domain Name
  • Email Solution
  • Web Hosting
  • Baremetal Server
  • Co-Location Server
  • Nusawork

Perusahaan

  • Tentang Kami
  • Testimonial
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan
  • Karir

Support

  • 24/7 Bantuan
  • Blog

© PT Media Antar Nusa 2024. Hak Cipta Dilindungi

Instagram Facebook Youtube Linkedin X-twitter Tiktok