Skip to content
logo nusanet
  • Produk
    Internet Access
    Gambar gedung broadband fiber optic business
    Broadband Fiber Optic

    Jelajahi dunia, dimulai dari Bisnis Anda. Nikmati internet kecepatan tinggi

    Gambar gedung dedicated business
    Dedicated Business Priority Fiber Optic

    Jangan asal pilih WiFi buat bisnismu, cukup Nusanet yang pasti

    Produk Lainnya
    • logo nusawork
      Nusawork

    • Logo NusaID Cloud
      NusaID Cloud

  • Promo
    promo-internet-di-bali-bulan-juli-broadband-business

    Koneksi Cepat Untung Berlipat

    GRATIS Biaya Instalasi + Diskon 20% & Disc 2 Bulan

    Lihat Promo ->
    internet-prioritas-di-bali-dedicated1

    Koneksi Terang Bisnis Germilang

    GRATIS Biaya Instalasi + Diskon 20% & Disc 1 Bulan

    Lihat Promo ->
  • Profil Nusanet
  • Try our Ai
  • Langganan Sekarang
Langganan Sekarang

Helpdesk

  • Cara Request Trial Cloud Server di nusa.id cloud
  • Cara Menghubungkan Domain ke Cloud VPS
  • Cara Setting VPN L2tp di VPS Mikrotik CHR
  • Cara Mengganti Port SSH di Cloud Server
  • Reset Password Root VPS
  • Request Satu User Baru G Suite (Google Workspace)
  • Request Buka CCTV di PC/Komputer/Laptop
  • Request Setting app CCTV di Smartphone
  • nHospitality Tidak Konek
  • Request Blok Website
  • Request Setting Ulang Router/ AP
  • Request Setting CCTV / DVR
  • Request Sharing Printer
  • Request Ganti Perangkat
  • Request Reset/Ganti Password Members /Mynusa
  • Request Reset / Ganti Password Email
  • Pengecekkan MRTG Upload Tinggi
  • Request Reset / Ganti Password Wifi
  • Pelanggaran Hak Cipta
  • Request Cek Perangkat yang Terkoneksi
  • Request Cek Jangkauan Sinyal
  • Email Compromised
  • Request Setting Vpn
  • Request Setting Router / PC / AP
  • Request Penambahan Acces Point
  • Request Tarik Kabel Ke PC / AP
  • Sebagian Perangkat Tidak bisa Konek Internet
  • Tidak Bisa Lihat CCTV / DVR tidak Terhubung
  • Router/AP/Swicth/Perangkat Hang
  • Radio Default
  • Router Default
  • IP konflik / Bentrok
  • Tidak bisa Tersambung / Ping ke IP Tertentu
  • Tidak Bisa Buka Website
  • Latency Game tinggi, Game Putus Sambung
  • Lampu Indikator Router Deco Berwarna Merah
  • Tidak Bisa Konek WIFI
  • Trafik Pemakaian Penuh atau Tidak Wajar
  • FO Cut/FO Putus/ Lampu Loss Menyala/Lampu ONU Merah
  • Link Radio Tidak Maksimal / Tidak Sesuai Standart
  • Tidak Bisa Kirim dan Terima Email
  • Radio Tidak Register
  • Tidak Bisa Internet
  • Internet lambat
  • Terimpak Gamas
  • Router Rusak/Padam
  • Wifi Putus Sambung/Interferensi
  • Request Forward Port
  • Internet Putus-Sambung
  • Tidak Bisa VPN
  • PC Tidak Konek Internet
  • Tidak Bisa Akses Email Menggunakan Ip Provider Lain

FAQ

  • Troubleshooting Wifi Interferen Router Deco
  • Rekomendasi dan Best Practice Port Forwading
  • Cara Menghentikan Seeding (Upload) Otomatis Setelah Donwload Selesai di Perangkat Lunak Torrent Utama
  • Mengenal Fast Roaming / Seamless Roaming pada Deco System
  • Apa Itu Router
  • Kenapa Nusanet Membatasi Akses ke Router Customer
  • Dalam Hal Jangkauan Wi-Fi, Hijau Tidak Selalu Merupakan Warna yang Bagus
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
  • Apa Itu Bandwidth
  • Bagaimana Bila ingin penarikan Kabel untuk Jaringan Lokal Saya?
  • WI-FI 7 Nirkabel Tercepat Masa Depan
  • Cara mengatasi error “A required certificate is not within its validity period” pada Microsoft Outlook
  • Cara Memperbaiki Wi-Fi di Mac
  • Kenapa Meeting Saya Putus Sambung / Tidak Bagus / Patah-Patah?
  • Cara Menggunakan Pemulihan Firmware Jika Deco Menjadi Brick
  • Bagaimana cara buka is.nusa.net.id dari Koneksi selain Nusanet(Internal Nusanet)
  • Kenapa Saya Main Game Sering Putus Sambung?
  • Saran Untuk Membuat Mail Server Anda Menjadi Lebih Aman
  • Berapa Jauh Jangkauan Wifi Nusanet yang Akan Dipasang di Rumah/Kantor Saya?
  • Berapa Lama Waktu Instalasi Setelah Saya Melakukan Registrasi?
  • Apakah Butuh Tiang/Tower Untuk Pemasangan Internet Nusanet?
  • Bagaimana Prosedural Berlangganan Nusanet?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Jika Router Saya kembali ke Pengaturan Default?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Tagihan Yang Harus Saya Bayarkan?
  • Apakah Ada Paket Untuk CCTV Camera?
  • Berapa Biaya Pemasangan Internet Nusanet?
  • Apakah Syarat Untuk Berlangganan Nusanet?
  • Apakah Nusanet Bisa Menonton TV via Internet?
  • Apakah Saya Bisa Main Game Online di Pc/Playstation/PS4/PS5/Nintendo/Xbox/Android Menggunakan Nusanet?
  • Perangkat Wifi Apa yang Cocok Dipakai di Rumah/ Kantor Saya?
  • Kenapa Speed yang Ditawarkan Nusanet Cenderung Lebih Kecil Dibanding dengan Provider Lain?
  • Bisakah Saya Koneksikan Jaringan Lokal Saya Dengan Jarak Jauh/1Km?
  • Saya Tidak Bisa Membuka Link Website Tertentu. Apa Yang Harus Saya Lakukan?
  • Kenapa Saya Tidak Bisa Akses Vpn?
  • Apakah Saya Dikenakan Biaya Jika Ingin Menambah Perangkat Wifi?
  • Apakah Saya Diberikan Akses Untuk Mengatur Sendiri Pengaturan Perangkat WiFi?
  • Bagaimana Jika Saya Ingin Upgrade/Downgrade Layanan Internet?
  • Kenapa streaming saya sering loading/buffering?
  • Apakah Saya Dapat Mengajukan Off internet Sementara?
  • Mengapa WiFi Saya Terhubung Tapi Ada Tanda Seru, dan Tidak Bisa Akses Internet ?
  • Mengapa Perangkat WiFi Saya Terus Bekerja Meski Tidak ada yang Sedang Menggunakan Internet ?
  • Bagaimana Cara Menentukan Posisi yang Tepat Untuk Router WiFi Saya?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Berapa Banyak Perangkat yang Terhubung di Rumah / Kantor Saya?
  • Jangkauan / Coverage Internet Nusanet Sampai Dimana?
  • Bisakah Nusanet Membantu Saya Installasi Jaringan Lokal Saya?
  • Apa Itu Nusanet?
  • Bagaimana Jika Perangkat yang Dipinjamkan Rusak atau Hilang?
  • Berapa Kecepatan Maksimal Nusanet?
  • Apakah Dikenakan Pajak Untuk Seluruh Biaya Internet Saya?
  • Apakah Ada Tambahan Fasilitas Untuk Pelanggan?
  • Jika Hardware Saya Bermasalah, Apakah Ada Bantuan Teknis yang Bisa Datang?
  • Bisakah Saya Minta Buka/Tutup Port Server atau Program?
  • Berapa Latency Nusanet ke Server Game Internasional ataupun Nasional?
  • Apakah Ada Batasan Ukuran File yang Dapat Saya Unduh atau Kirim Melalui Email?
  • Kenapa Sinyal Wifi Saya Lemah dan Tidak Bisa Akses?
  • Backbone Nusanet Apa Saja?
  • Apakah Ada Biaya Tambahan untuk Perangkat Saat Pemasangan Baru
  • Apakah Saya Bisa Melakukan Pergantian Password?
  • Bolehkah Saya Mengunduh File dari Torrent?
  • Berapa Iuran Bulanan Nusanet?
  • Bagaimana Cara Saya Melihat Pemakaian Internet Nusanet
  • Nusanet Apa Ada Hosting ?
  • Apakah Ada Diskon atau Promo dari Nusanet ?
  • Total Bandwidth Nusanet Berapa?
  • Kenapa Saya Telepon Via Whatsapp / WA Sering Putus Sambung / Tidak bagus ?
  • Paket Internet Apa Yang Cocok Untuk Saya?
  • Apa Kelebihan Nusanet Dibandingkan dengan Provider Lain?
  • Berapa Nomor Gangguan Layanan Nusanet?
  • Berapa Biaya Paket Internet Nusanet?
  • Kemana Saya Harus Membayar Tagihan Nusanet?
  • Apakah Nusanet Sudah Mendukung Fiber Optik?
  • Apa Itu Pelanggaran Hak Cipta ?
  • Berapa Nomor Rekening Nusanet?
  • Berapa Kecepatan Paket yang Saya Ambil?
  • Kenapa Internet Saya Terasa Lambat
  • Jam Operasional Kantor
  • Alamat Kantor Nusanet
  • Bagaimana Cara Menghubungi Nusanet
  • Kenapa Internet Saya Tidak Stabil?

Sales

  • Apa itu Layanan Dual Fiber Optic?
  • Apakah Perbedaan Paket Broadband FO Business dengan Broadband Wireless Business?
  • Apa itu Paket Broadband Fiber Optic Business?
  • Apakah bisa berlangganan bulanan?
  • Bagaimana cara mengecek apakah daerah saya tercover nusanet?
  • Apa itu Paket Broadband Fiber Optic Home?
  • Teknologi apa yang digunakan ISP Anda?
  • Apakah nusanet memiliki program referral?
  • Apakah Anda menyediakan layanan lain seperti TV kabel atau telepon rumah?
  • Apakah ada FUP (Fair Usage Policy)?
  • Berapa kecepatan internet yang tersedia?
  • Apa saja paket internet yang ditawarkan?
  • Apakah nusanet menyediakan layanan IP Public?
  • Apakah nusanet menyediakan layanan VPN (Virtual Private Network)?
  • Apakah Koneksi Nusanet Bisa Support CCTV?
  • Apakah Saya Dapat Melakukan Upgrade dan Downgrade Paket Internet?
  • Biaya Apa Saja Yang Harus Saya Bayarkan Untuk Berlangganan Nusanet?
  • Kapan Layanan Internet Nusanet Dapat di Instalasi?
  • Bagaimana cara berlangganan nusanet?
  • Apakah ada Promo atau Diskon?
  • Apakah Ada Paket Selain Akses Internet?
  • Berapa besar SLA internet yang diberikan?
  • Untuk berlangganan Internet apakah harus beli perangkat?
  • Paket apa yang paling cocok untuk kebutuhan saya?
  • Apakah ada Paket Fiber Optic?

Billing

  • Tersedia dimana sajakah aplikasi Mynusa?
  • Cara Pembayaran ke Virtual Bank Mandiri melalui Mobile Banking Mandiri
  • Cara transfer ke Virtual Account Bank Mandiri melalui Mandiri Internet Bisnis (MCM2)
  • Cara Transfer ke BCA Virtual Account melalui mobile banking BCA
  • Pembayaran melalui mynusa (payment online)
  • Saya ingin berhenti berlangganan nusanet , apa saja syarat- syaratnya ?
  • Saya akan keluar kota, apakah internet saya bisa diblok sementara?
  • Lanjut berlangganan internet
  • Kelebihan bayar
  • Saya sudah melakukan pembayaran, mengapa saya belum bisa menggunakan internet?
  • Apa keuntungan melakukan pembayaran via online?
  • Saya harus menghubungi ke mana jika ingin meminta Nomor Seri Faktur Pajak?
  • Untuk jasa internet apakah boleh dipotong PPh 23?
  • Jika saya melakukan pembayaran melalui kartu kredit, apakah ada dikenakan biaya tambahan?
  • Bagaimana cara transfer melalui Virtual Account BCA?
  • Apa keuntungan transfer melalui Virtual Account?
  • Apa itu Virtual Account?
  • Saya tidak memiliki rekening BCA, apakah saya tetap bisa melakukan transfer ke Virtual Account BCA?
  • Informasi apa yang harus saya cantumkan pada saat melakukan transfer?
  • Berapa Nomor Rekening Nusanet?
  • Apa itu E-Billing?
  • Sistem pembayaran apa saja yang dapat digunakan untuk membayar tagihan saya?
  • Tata Cara Pembayaran

Tips Network Engineer

  • Mengenal Fast Roaming / Seamless Roaming pada Deco System
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
  • Seputar Pengetahuan Tentang Kabel Jaringan
  • Setting Email di Iphone
  • Penjelasan Domain dan Hosting Serta Cara Kerjanya
  • Cara Cek Koneksi Wifi di Office Nusanet
  • SETTING DECO
  • Berapa besar kecepatan internet yang saya butuhkan?
  • Troubleshooting Router Deco
  • Mengenal Sistem WiFi Mesh
  • Panduan Allow Vlan di Switch HP
  • Panduan Allow Vlan di Switch Huawei
  • Tips membuat akun email lebih aman
  • Cara Ganti Password Email
  • Setting Email di Outlook 2013
  • Setting Email di IPad Mini
  • Melindungi Perangkat Komputer Anda
  • Gejala Malware
  • Jenis Malware

EDU

  • 6. Mampu Melakukan Instalasi Fisik Perangkat Internet
  • 5. Mampu Mendirikan dan Memanjat Tiang dan Memanjat Tower dan Konsep Keselamatan Kerja
  • 4. Cara Kerja Radio, Router, Access Point, Repeater Mesh, PLC
  • 3. IP Address SubnetMask Gateway DNS Server
  • 2. Topologi Internet Akses
  • 1. Memahami media jaringan komputer (Wire & Wireless & Fiber Optik)

Nusa.id

  • Cara Request Trial Cloud Server di nusa.id cloud
  • Cara Menghubungkan Domain ke Cloud VPS
  • Cara Setting VPN L2tp di VPS Mikrotik CHR
  • Cara Mengganti Port SSH di Cloud Server
  • Reset Password Root VPS
  • Request Satu User Baru G Suite (Google Workspace)

App Track2Ticket

  • Kenapa tracking perjalanan saya jadi lurus, padahal gps saya aktif?
  • Bagaimana keluar dari company yang sekarang dan bergabung dengan company lain?
  • Bagaimana cara mengeluarkan user dari company?
  • Apa maksud status “Trackable”, “Untrackable”, “track off”, “Sign Out”?
  • Petunjuk Instalasi Track2Ticket (T2T)

vlan

  • Panduan Allow Vlan di Switch Huawei
  • Panduan Allow Vlan di Switch HP

App MyNusa

  • Pembayaran melalui mynusa (payment online)
  • Petunjuk Instalasi Nusanet – MyNusa
  • Home
  • FAQ
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point

Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point

Untuk keamanan, kinerja, dan keandalan terbaik, dikomendasikan pengaturan ini untuk router Wi-Fi, pemancar, atau Akses point yang digunakan dengan produk Apple.

Artikel ini ditujukan terutama untuk administrator jaringan dan orang lain yang mengelola jaringan mereka sendiri. Jika Anda mencoba bergabung dengan jaringan Wi-Fi, salah satu artikel berikut akan membantu:

  • Mac:  Menghubungkan ke Wi-Fi  dan  menyelesaikan masalah Wi-Fi .
  • iPhone, iPad, iPod touch:  Sambungkan ke Wi-Fi  dan  selesaikan masalah Wi-Fi .

Note :   Tentang peringatan privasi dan keamanan

Jika perangkat Apple Anda menampilkan peringatan privasi atau peringatan keamanan yang lemah tentang jaringan Wi-Fi, jaringan tersebut dapat mengungkapkan informasi tentang perangkat Anda. Apple merekomendasikan untuk menyambungkan ke jaringan Wi-Fi yang memenuhi atau melampaui standar keamanan dalam artikel ini.

Sebelum mengubah pengaturan pada router Anda

  1. Cadangkan pengaturan router Anda, jika Anda perlu memulihkannya.
  2. Perbarui perangkat lunak di perangkat Anda. Ini penting untuk memastikan bahwa perangkat Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru dan bekerja paling baik satu sama lain. Pertama instal pembaruan firmware terbaru untuk router Anda. Kemudian perbarui perangkat lunak di perangkat Anda yang lain, seperti di Mac dan di iPhone atau iPad Anda .
  3. Pada setiap perangkat yang sebelumnya bergabung dengan jaringan, Anda mungkin perlu  melupakan jaringan  untuk memastikan bahwa perangkat menggunakan pengaturan baru router saat bergabung kembali dengan jaringan.

Pengaturan router

Untuk memastikan bahwa perangkat Anda dapat terhubung dengan aman dan andal ke jaringan Anda, terapkan pengaturan ini secara konsisten ke setiap router Wi-Fi dan titik akses, dan ke setiap band dari router dual-band, tri-band, atau multiband lainnya.

Keamanan

  • Atur ke WPA3 Personal  untuk keamanan yang lebih baik
  • Atur ke Transisi WPA2/WPA3  untuk kompatibilitas dengan perangkat lama

Pengaturan keamanan menentukan jenis otentikasi dan enkripsi yang digunakan oleh router Anda, dan tingkat perlindungan privasi untuk data yang dikirimkan melalui jaringannya. Pengaturan apa pun yang Anda pilih, selalu tetapkan kata sandi yang kuat untuk bergabung dengan jaringan.

  • WPA3 Personal adalah protokol terbaru dan teraman yang saat ini tersedia untuk perangkat Wi-Fi. Ini bekerja dengan semua perangkat yang mendukung Wi-Fi 6 (802.11ax), dan beberapa perangkat yang lebih lama.
  • WPA2/WPA3 Transitional adalah mode campuran yang menggunakan WPA3 Personal dengan perangkat yang mendukung protokol tersebut, sementara mengizinkan perangkat yang lebih tua untuk menggunakan WPA2 Personal (AES).
  • WPA2 Personal (AES) sesuai ketika Anda tidak dapat menggunakan salah satu mode yang lebih aman. Dalam hal ini, pilih juga AES sebagai jenis enkripsi atau sandi, jika tersedia.

Pengaturan keamanan yang lemah yang harus dihindari pada router Anda

Jangan membuat atau bergabung dengan jaringan yang menggunakan protokol keamanan lama yang tidak digunakan lagi. Ini tidak lagi aman, mengurangi keandalan dan kinerja jaringan, dan menyebabkan perangkat Anda menampilkan peringatan keamanan:

  • Mode campuran WPA/WPA2
  • WPA Pribadi
  • WEP, termasuk WEP Open, WEP Shared, WEP Transitional Security Network, atau Dynamic WEP (WEP dengan 802.1X)
  • TKIP, termasuk pengaturan keamanan dengan TKIP atas nama

Pengaturan yang menonaktifkan keamanan, seperti Tidak Ada, Terbuka, atau Tidak Aman, juga sangat tidak disarankan. Mematikan keamanan menonaktifkan otentikasi dan enkripsi dan memungkinkan siapa saja untuk bergabung dengan jaringan Anda, mengakses sumber daya bersama (termasuk printer, komputer, dan perangkat pintar), menggunakan koneksi internet Anda, dan memantau situs web yang Anda kunjungi dan data lain yang dikirimkan melalui jaringan atau internet Anda koneksi. Ini adalah risiko bahkan jika keamanan dimatikan sementara atau untuk jaringan tamu.

Nama jaringan (SSID)

Setel ke satu nama unik (gunakan huruf besar-kecil)

Nama jaringan Wi-Fi, atau SSID (pengidentifikasi set layanan), adalah nama yang digunakan jaringan Anda untuk mengiklankan keberadaannya ke perangkat lain. Itu juga nama yang dilihat pengguna di sekitar di daftar jaringan yang tersedia di perangkat mereka.

Gunakan nama yang unik untuk jaringan Anda, dan pastikan semua router di jaringan Anda menggunakan nama yang sama untuk setiap band yang mereka dukung. Misalnya, jangan gunakan nama umum atau nama default seperti linksys , netgear , dlink , wireless , atau 2wire , dan jangan beri nama band 2.4GHz dan 5GHz yang berbeda.

Jika Anda tidak mengikuti panduan ini, perangkat mungkin tidak terhubung dengan andal ke jaringan Anda, ke semua router di jaringan Anda, atau ke semua band yang tersedia di router Anda. Dan perangkat yang bergabung dengan jaringan Anda kemungkinan besar akan menemukan jaringan lain yang memiliki nama yang sama, lalu secara otomatis mencoba menyambung ke jaringan tersebut.

Jaringan tersembunyi (Hidden Network)

Setel ke Dinonaktifkan

Sebuah router dapat dikonfigurasi untuk menyembunyikan nama jaringannya (SSID). Router Anda mungkin salah menggunakan “closed” yang berarti tersembunyi, dan “broadcast” berarti tidak tersembunyi.

Menyembunyikan nama jaringan tidak menyembunyikan jaringan dari deteksi atau mengamankannya dari akses yang tidak sah. Dan karena cara perangkat mencari dan menyambung ke jaringan Wi-Fi, menggunakan jaringan tersembunyi dapat mengekspos informasi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda dan jaringan tersembunyi yang Anda gunakan, seperti jaringan rumah Anda. Saat terhubung ke jaringan tersembunyi, perangkat Anda mungkin menampilkan peringatan privasi karena risiko privasi ini.

Untuk mengamankan akses ke jaringan Anda, gunakan pengaturan keamanan yang sesuai .

Pemfilteran alamat MAC, otentikasi, kontrol akses

Setel ke Dinonaktifkan

Ketika fitur ini diaktifkan, router Anda dapat diatur untuk mengizinkan hanya perangkat yang memiliki alamat MAC (kontrol akses media) tertentu untuk bergabung dengan jaringan. Anda tidak boleh mengandalkan fitur ini untuk mencegah akses tidak sah ke jaringan Anda, karena alasan berikut:

  • Itu tidak mencegah pengamat jaringan memantau atau mencegat lalu lintas di jaringan.
  • Alamat MAC dapat dengan mudah disalin, dipalsukan (ditiru), atau diubah.
  • Untuk membantu melindungi privasi pengguna,  beberapa perangkat Apple menggunakan alamat MAC yang berbeda untuk setiap jaringan Wi-Fi .

Untuk mengamankan akses ke jaringan Anda, gunakan pengaturan keamanan yang sesuai .

Pembaruan firmware otomatis

Setel ke  Diaktifkan

Jika memungkinkan, atur router Anda untuk menginstal pembaruan perangkat lunak dan firmware secara otomatis saat tersedia. Pembaruan firmware dapat memengaruhi  pengaturan keamanan yang  tersedia untuk Anda, dan memberikan peningkatan penting lainnya pada stabilitas, kinerja, dan keamanan router Anda.

Radio Mode

Setel ke Semua (lebih disukai),  atau  Wi-Fi 2 hingga Wi-Fi 6 (802.11a/g/n/ac/ax)

Pengaturan ini, tersedia secara terpisah untuk pita 2,4 GHz dan 5 GHz, mengontrol versi standar Wi-Fi yang digunakan router untuk komunikasi nirkabel. Versi yang lebih baru menawarkan kinerja yang lebih baik dan mendukung lebih banyak perangkat secara bersamaan.

Biasanya yang terbaik adalah mengaktifkan setiap mode yang ditawarkan oleh router Anda, daripada sebagian dari mode tersebut. Semua perangkat, termasuk perangkat lama, dapat terhubung menggunakan mode radio tercepat yang didukungnya. Ini juga membantu mengurangi gangguan dari jaringan dan perangkat lama di sekitar.

Band

Aktifkan  semua band yang didukung oleh router Anda

Pita Wi-Fi seperti jalan di mana data dapat mengalir. Lebih banyak pita memberikan lebih banyak kapasitas dan kinerja data untuk jaringan Anda.

Channel

Setel ke Otomatis

Setiap pita router Anda dibagi menjadi beberapa saluran komunikasi independen, seperti jalur di jalan. Saat pemilihan saluran diatur ke otomatis, router Anda memilih saluran Wi-Fi terbaik untuk Anda.

Jika router Anda tidak mendukung pemilihan saluran otomatis, pilih saluran mana yang berkinerja terbaik di lingkungan jaringan Anda. Itu bervariasi tergantung pada  gangguan Wi-Fi  di lingkungan jaringan Anda, yang dapat mencakup gangguan dari router dan perangkat lain yang menggunakan saluran yang sama. Jika Anda memiliki beberapa router, konfigurasikan masing-masing untuk menggunakan saluran yang berbeda, terutama jika mereka berdekatan satu sama lain.

Channel Width

Atur ke 20MHz untuk pita 2,4GHz

Atur ke Otomatis  atau semua lebar ( 20MHz, 40MHz, 80MHz ) untuk pita 5GHz

Lebar saluran menentukan seberapa besar “pipa” tersedia untuk mentransfer data. Saluran yang lebih lebar lebih cepat tetapi lebih rentan terhadap gangguan dan lebih mungkin mengganggu perangkat lain.

  • 20MHz untuk pita 2,4GHz membantu menghindari masalah kinerja dan keandalan, terutama di dekat jaringan Wi-Fi lain dan perangkat 2,4GHz, termasuk perangkat Bluetooth.
  • Lebar otomatis atau semua saluran untuk pita 5GHz memastikan kinerja dan kompatibilitas terbaik dengan semua perangkat. Interferensi nirkabel kurang menjadi perhatian di pita 5GHz.

DHCP

Setel ke Diaktifkan , jika router Anda adalah satu-satunya server DHCP di jaringan

DHCP (protokol konfigurasi host dinamis) memberikan alamat IP ke perangkat di jaringan Anda. Setiap alamat IP mengidentifikasi perangkat di jaringan dan memungkinkannya berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan dan internet. Perangkat jaringan membutuhkan alamat IP seperti halnya telepon membutuhkan nomor telepon.

Jaringan Anda seharusnya hanya memiliki satu server DHCP. Jika DHCP diaktifkan di lebih dari satu perangkat, seperti pada modem kabel dan router Anda, konflik alamat mungkin mencegah beberapa perangkat terhubung ke internet atau menggunakan sumber daya jaringan.

DHCP Lease Time

Atur ke 8 jam untuk jaringan rumah atau kantor; 1 jam untuk hotspot atau jaringan tamu

Waktu sewa DHCP adalah lamanya waktu alamat IP yang ditetapkan ke perangkat dicadangkan untuk perangkat itu.

Router Wi-Fi biasanya memiliki sejumlah alamat IP terbatas yang dapat mereka tetapkan ke perangkat di jaringan. Jika nomor itu habis, router tidak dapat menetapkan alamat IP ke perangkat baru, dan perangkat tersebut tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan dan internet. Mengurangi waktu sewa DHCP memungkinkan router untuk lebih cepat mengklaim dan menetapkan kembali alamat IP lama yang tidak lagi digunakan.

NAT

Setel ke Diaktifkan , jika router Anda adalah satu-satunya perangkat yang menyediakan NAT di jaringan

NAT (translasi alamat jaringan) menerjemahkan antara alamat di internet dan alamat di jaringan Anda. NAT dapat dipahami dengan membayangkan departemen surat perusahaan, di mana pengiriman ke karyawan di alamat jalan perusahaan diarahkan ke kantor karyawan di dalam gedung.

Umumnya, aktifkan NAT hanya di router Anda. Jika NAT diaktifkan di lebih dari satu perangkat, seperti pada modem kabel dan router Anda, “NAT ganda” yang dihasilkan dapat menyebabkan perangkat kehilangan akses ke sumber daya tertentu di jaringan atau internet.

WMM

Setel ke Diaktifkan

WMM (Wi-Fi multimedia) memprioritaskan lalu lintas jaringan untuk meningkatkan kinerja berbagai aplikasi jaringan, seperti video dan suara. Semua router yang mendukung Wi-Fi 4 (802.11n) atau yang lebih baru harus mengaktifkan WMM secara default. Menonaktifkan WMM dapat memengaruhi kinerja dan keandalan perangkat di jaringan.

Fitur perangkat yang dapat memengaruhi koneksi Wi-Fi

Fitur-fitur ini mungkin memengaruhi cara Anda mengatur router atau perangkat yang terhubung dengannya.

Alamat Wi-Fi Pribadi (Private Wi-FI Address)

Jika Anda menyambungkan ke jaringan Wi-Fi dari iPhone, iPad, iPod touch, atau Apple Watch, pelajari tentang menggunakan alamat Wi-Fi pribadi  di perangkat tersebut.

Layanan Lokasi

Pastikan perangkat Anda mengaktifkan Layanan Lokasi untuk jaringan Wi-Fi, karena peraturan di setiap negara atau wilayah menentukan saluran Wi-Fi dan kekuatan sinyal nirkabel yang diizinkan di sana. Layanan Lokasi membantu memastikan bahwa perangkat Anda dapat dengan andal melihat dan terhubung ke perangkat di sekitar, dan kinerjanya baik saat menggunakan Wi-Fi atau fitur yang mengandalkan Wi-Fi, seperti AirPlay atau AirDrop.

Di Mac Anda:

  1. Pilih menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik Keamanan & Privasi.
  2. Klik kunci (gembok) di sudut jendela, lalu masukkan kata sandi administrator Anda.

3.   Di tab Privasi, pilih Layanan Lokasi, lalu pilih Aktifkan Layanan Lokasi.

4.   Gulir ke bagian bawah daftar aplikasi dan layanan, lalu klik tombol Detail di             sebelah Layanan Sistem.

5.   Pilih Jaringan & Nirkabel (atau Jaringan Wi-Fi), lalu klik Selesai.

Di iPhone, iPad, atau iPod touch:

  1. Buka Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.
  2. Aktifkan Layanan Lokasi.
  3. Gulir ke bagian bawah daftar, lalu ketuk Layanan Sistem.
  4. Aktifkan Jaringan & Nirkabel (atau Jaringan Wi-Fi).

Gabung Otomatis saat digunakan dengan jaringan Wi-Fi operator nirkabel

Jaringan Wi-Fi operator nirkabel adalah jaringan publik yang disiapkan oleh operator nirkabel Anda dan mitranya. IPhone Anda atau perangkat seluler Apple lainnya memperlakukannya sebagai jaringan yang dikenal dan secara otomatis terhubung ke jaringan tersebut.

Jika Anda melihat ”Peringatan Privasi” di bawah nama jaringan operator Anda di setelan Wi-Fi, identitas seluler Anda dapat terekspos jika perangkat Anda bergabung dengan hotspot berbahaya yang meniru jaringan Wi-Fi operator Anda. Untuk menghindari kemungkinan ini, Anda dapat mencegah iPhone atau iPad Anda secara otomatis bergabung kembali dengan jaringan Wi-Fi operator Anda:

  1. Buka Pengaturan > Wi-Fi.
  2. Ketuk (i) di sebelah jaringan operator nirkabel.

3.  Matikan Gabung Otomatis.

sumber: https://support.apple.com

Updated on April 28, 2025
Bagikan Artikel Ini:
  • Facebook
  • X
  • LinkedIn
  • Pinterest
Dalam Hal Jangkauan Wi-Fi, Hijau Tidak Selalu Merupakan Warna yang BagusApa Itu Bandwidth
logo nusanet

Nusanet didirikan pada tahun 1996 sebagai salah satu ISP terdepan di Indonesia dengan sertifikasi ISO 27001 & 9001. Menawarkan berbagai layanan internet untuk berbagai segmen dan paket sesuai kebutuhan pelanggan. Temukan paket internet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jl. Gatot Subroto Tengah No.320, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233

0361 934 2354

081 98 54321

Produk Terkait

  • Domain Name
  • Email Solution
  • Web Hosting
  • Baremetal Server
  • Co-Location Server
  • Nusawork

Perusahaan

  • Tentang Kami
  • Testimonial
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan
  • Karir

Support

  • 24/7 Bantuan
  • Blog

© PT Media Antar Nusa 2024. Hak Cipta Dilindungi

Instagram Facebook Youtube Linkedin X-twitter Tiktok