Skip to content
logo nusanet
  • Produk
    Internet Access
    Gambar gedung broadband fiber optic business
    Broadband Fiber Optic

    Jelajahi dunia, dimulai dari Bisnis Anda. Nikmati internet kecepatan tinggi

    Gambar gedung dedicated business
    Dedicated Business Priority Fiber Optic

    Jangan asal pilih WiFi buat bisnismu, cukup Nusanet yang pasti

    Produk Lainnya
    • logo nusawork
      Nusawork

    • Logo NusaID Cloud
      NusaID Cloud

  • Promo
    promo-agustus-internet-bisnis-broadband-bali

    Promo Wi-Fi Broadband

    GRATIS Biaya Instalasi + Diskon 17% & Disc 8%

    Lihat Promo ->
    internet-eksklusif-agustus-nusanet-bali

    Promo Wi-Fi Dedicated

    GRATIS Biaya Instalasi + Diskon 17% & Disc 1 Bulan

    Lihat Promo ->
  • Profil Nusanet
  • Try our Ai
  • Langganan Sekarang
Langganan Sekarang

Helpdesk

  • Cara Request Trial Cloud Server di nusa.id cloud
  • Cara Menghubungkan Domain ke Cloud VPS
  • Cara Setting VPN L2tp di VPS Mikrotik CHR
  • Cara Mengganti Port SSH di Cloud Server
  • Reset Password Root VPS
  • Request Satu User Baru G Suite (Google Workspace)
  • Request Buka CCTV di PC/Komputer/Laptop
  • Request Setting app CCTV di Smartphone
  • nHospitality Tidak Konek
  • Request Blok Website
  • Request Setting Ulang Router/ AP
  • Request Setting CCTV / DVR
  • Request Sharing Printer
  • Request Ganti Perangkat
  • Request Reset/Ganti Password Members /Mynusa
  • Request Reset / Ganti Password Email
  • Pengecekkan MRTG Upload Tinggi
  • Request Reset / Ganti Password Wifi
  • Pelanggaran Hak Cipta
  • Request Cek Perangkat yang Terkoneksi
  • Request Cek Jangkauan Sinyal
  • Email Compromised
  • Request Setting Vpn
  • Request Setting Router / PC / AP
  • Request Penambahan Acces Point
  • Request Tarik Kabel Ke PC / AP
  • Sebagian Perangkat Tidak bisa Konek Internet
  • Tidak Bisa Lihat CCTV / DVR tidak Terhubung
  • Router/AP/Swicth/Perangkat Hang
  • Radio Default
  • Router Default
  • IP konflik / Bentrok
  • Tidak bisa Tersambung / Ping ke IP Tertentu
  • Tidak Bisa Buka Website
  • Latency Game tinggi, Game Putus Sambung
  • Lampu Indikator Router Deco Berwarna Merah
  • Tidak Bisa Konek WIFI
  • Trafik Pemakaian Penuh atau Tidak Wajar
  • FO Cut/FO Putus/ Lampu Loss Menyala/Lampu ONU Merah
  • Link Radio Tidak Maksimal / Tidak Sesuai Standart
  • Tidak Bisa Kirim dan Terima Email
  • Radio Tidak Register
  • Tidak Bisa Internet
  • Internet lambat
  • Terimpak Gamas
  • Router Rusak/Padam
  • Wifi Putus Sambung/Interferensi
  • Request Forward Port
  • Internet Putus-Sambung
  • Tidak Bisa VPN
  • PC Tidak Konek Internet
  • Tidak Bisa Akses Email Menggunakan Ip Provider Lain

FAQ

  • Troubleshooting Wifi Interferen Router Deco
  • Rekomendasi dan Best Practice Port Forwading
  • Cara Menghentikan Seeding (Upload) Otomatis Setelah Donwload Selesai di Perangkat Lunak Torrent Utama
  • Mengenal Fast Roaming / Seamless Roaming pada Deco System
  • Apa Itu Router
  • Kenapa Nusanet Membatasi Akses ke Router Customer
  • Dalam Hal Jangkauan Wi-Fi, Hijau Tidak Selalu Merupakan Warna yang Bagus
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
  • Apa Itu Bandwidth
  • Bagaimana Bila ingin penarikan Kabel untuk Jaringan Lokal Saya?
  • WI-FI 7 Nirkabel Tercepat Masa Depan
  • Cara mengatasi error “A required certificate is not within its validity period” pada Microsoft Outlook
  • Cara Memperbaiki Wi-Fi di Mac
  • Kenapa Meeting Saya Putus Sambung / Tidak Bagus / Patah-Patah?
  • Cara Menggunakan Pemulihan Firmware Jika Deco Menjadi Brick
  • Bagaimana cara buka is.nusa.net.id dari Koneksi selain Nusanet(Internal Nusanet)
  • Kenapa Saya Main Game Sering Putus Sambung?
  • Saran Untuk Membuat Mail Server Anda Menjadi Lebih Aman
  • Berapa Jauh Jangkauan Wifi Nusanet yang Akan Dipasang di Rumah/Kantor Saya?
  • Berapa Lama Waktu Instalasi Setelah Saya Melakukan Registrasi?
  • Apakah Butuh Tiang/Tower Untuk Pemasangan Internet Nusanet?
  • Bagaimana Prosedural Berlangganan Nusanet?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Jika Router Saya kembali ke Pengaturan Default?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Tagihan Yang Harus Saya Bayarkan?
  • Apakah Ada Paket Untuk CCTV Camera?
  • Berapa Biaya Pemasangan Internet Nusanet?
  • Apakah Syarat Untuk Berlangganan Nusanet?
  • Apakah Nusanet Bisa Menonton TV via Internet?
  • Apakah Saya Bisa Main Game Online di Pc/Playstation/PS4/PS5/Nintendo/Xbox/Android Menggunakan Nusanet?
  • Perangkat Wifi Apa yang Cocok Dipakai di Rumah/ Kantor Saya?
  • Kenapa Speed yang Ditawarkan Nusanet Cenderung Lebih Kecil Dibanding dengan Provider Lain?
  • Bisakah Saya Koneksikan Jaringan Lokal Saya Dengan Jarak Jauh/1Km?
  • Saya Tidak Bisa Membuka Link Website Tertentu. Apa Yang Harus Saya Lakukan?
  • Kenapa Saya Tidak Bisa Akses Vpn?
  • Apakah Saya Dikenakan Biaya Jika Ingin Menambah Perangkat Wifi?
  • Apakah Saya Diberikan Akses Untuk Mengatur Sendiri Pengaturan Perangkat WiFi?
  • Bagaimana Jika Saya Ingin Upgrade/Downgrade Layanan Internet?
  • Kenapa streaming saya sering loading/buffering?
  • Apakah Saya Dapat Mengajukan Off internet Sementara?
  • Mengapa WiFi Saya Terhubung Tapi Ada Tanda Seru, dan Tidak Bisa Akses Internet ?
  • Mengapa Perangkat WiFi Saya Terus Bekerja Meski Tidak ada yang Sedang Menggunakan Internet ?
  • Bagaimana Cara Menentukan Posisi yang Tepat Untuk Router WiFi Saya?
  • Bagaimana Cara Mengetahui Berapa Banyak Perangkat yang Terhubung di Rumah / Kantor Saya?
  • Jangkauan / Coverage Internet Nusanet Sampai Dimana?
  • Bisakah Nusanet Membantu Saya Installasi Jaringan Lokal Saya?
  • Apa Itu Nusanet?
  • Bagaimana Jika Perangkat yang Dipinjamkan Rusak atau Hilang?
  • Berapa Kecepatan Maksimal Nusanet?
  • Apakah Dikenakan Pajak Untuk Seluruh Biaya Internet Saya?
  • Apakah Ada Tambahan Fasilitas Untuk Pelanggan?
  • Jika Hardware Saya Bermasalah, Apakah Ada Bantuan Teknis yang Bisa Datang?
  • Bisakah Saya Minta Buka/Tutup Port Server atau Program?
  • Berapa Latency Nusanet ke Server Game Internasional ataupun Nasional?
  • Apakah Ada Batasan Ukuran File yang Dapat Saya Unduh atau Kirim Melalui Email?
  • Kenapa Sinyal Wifi Saya Lemah dan Tidak Bisa Akses?
  • Backbone Nusanet Apa Saja?
  • Apakah Ada Biaya Tambahan untuk Perangkat Saat Pemasangan Baru
  • Apakah Saya Bisa Melakukan Pergantian Password?
  • Bolehkah Saya Mengunduh File dari Torrent?
  • Berapa Iuran Bulanan Nusanet?
  • Bagaimana Cara Saya Melihat Pemakaian Internet Nusanet
  • Nusanet Apa Ada Hosting ?
  • Apakah Ada Diskon atau Promo dari Nusanet ?
  • Total Bandwidth Nusanet Berapa?
  • Kenapa Saya Telepon Via Whatsapp / WA Sering Putus Sambung / Tidak bagus ?
  • Paket Internet Apa Yang Cocok Untuk Saya?
  • Apa Kelebihan Nusanet Dibandingkan dengan Provider Lain?
  • Berapa Nomor Gangguan Layanan Nusanet?
  • Berapa Biaya Paket Internet Nusanet?
  • Kemana Saya Harus Membayar Tagihan Nusanet?
  • Apakah Nusanet Sudah Mendukung Fiber Optik?
  • Apa Itu Pelanggaran Hak Cipta ?
  • Berapa Nomor Rekening Nusanet?
  • Berapa Kecepatan Paket yang Saya Ambil?
  • Kenapa Internet Saya Terasa Lambat
  • Jam Operasional Kantor
  • Alamat Kantor Nusanet
  • Bagaimana Cara Menghubungi Nusanet
  • Kenapa Internet Saya Tidak Stabil?

Sales

  • Apa itu Layanan Dual Fiber Optic?
  • Apakah Perbedaan Paket Broadband FO Business dengan Broadband Wireless Business?
  • Apa itu Paket Broadband Fiber Optic Business?
  • Apakah bisa berlangganan bulanan?
  • Bagaimana cara mengecek apakah daerah saya tercover nusanet?
  • Apa itu Paket Broadband Fiber Optic Home?
  • Teknologi apa yang digunakan ISP Anda?
  • Apakah nusanet memiliki program referral?
  • Apakah Anda menyediakan layanan lain seperti TV kabel atau telepon rumah?
  • Apakah ada FUP (Fair Usage Policy)?
  • Berapa kecepatan internet yang tersedia?
  • Apa saja paket internet yang ditawarkan?
  • Apakah nusanet menyediakan layanan IP Public?
  • Apakah nusanet menyediakan layanan VPN (Virtual Private Network)?
  • Apakah Koneksi Nusanet Bisa Support CCTV?
  • Apakah Saya Dapat Melakukan Upgrade dan Downgrade Paket Internet?
  • Biaya Apa Saja Yang Harus Saya Bayarkan Untuk Berlangganan Nusanet?
  • Kapan Layanan Internet Nusanet Dapat di Instalasi?
  • Bagaimana cara berlangganan nusanet?
  • Apakah ada Promo atau Diskon?
  • Apakah Ada Paket Selain Akses Internet?
  • Berapa besar SLA internet yang diberikan?
  • Untuk berlangganan Internet apakah harus beli perangkat?
  • Paket apa yang paling cocok untuk kebutuhan saya?
  • Apakah ada Paket Fiber Optic?

Billing

  • Tersedia dimana sajakah aplikasi Mynusa?
  • Cara Pembayaran ke Virtual Bank Mandiri melalui Mobile Banking Mandiri
  • Cara transfer ke Virtual Account Bank Mandiri melalui Mandiri Internet Bisnis (MCM2)
  • Cara Transfer ke BCA Virtual Account melalui mobile banking BCA
  • Pembayaran melalui mynusa (payment online)
  • Saya ingin berhenti berlangganan nusanet , apa saja syarat- syaratnya ?
  • Saya akan keluar kota, apakah internet saya bisa diblok sementara?
  • Lanjut berlangganan internet
  • Kelebihan bayar
  • Saya sudah melakukan pembayaran, mengapa saya belum bisa menggunakan internet?
  • Apa keuntungan melakukan pembayaran via online?
  • Saya harus menghubungi ke mana jika ingin meminta Nomor Seri Faktur Pajak?
  • Untuk jasa internet apakah boleh dipotong PPh 23?
  • Jika saya melakukan pembayaran melalui kartu kredit, apakah ada dikenakan biaya tambahan?
  • Bagaimana cara transfer melalui Virtual Account BCA?
  • Apa keuntungan transfer melalui Virtual Account?
  • Apa itu Virtual Account?
  • Saya tidak memiliki rekening BCA, apakah saya tetap bisa melakukan transfer ke Virtual Account BCA?
  • Informasi apa yang harus saya cantumkan pada saat melakukan transfer?
  • Berapa Nomor Rekening Nusanet?
  • Apa itu E-Billing?
  • Sistem pembayaran apa saja yang dapat digunakan untuk membayar tagihan saya?
  • Tata Cara Pembayaran

Tips Network Engineer

  • Mengenal Fast Roaming / Seamless Roaming pada Deco System
  • Pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi dan Akses Point
  • Seputar Pengetahuan Tentang Kabel Jaringan
  • Setting Email di Iphone
  • Penjelasan Domain dan Hosting Serta Cara Kerjanya
  • Cara Cek Koneksi Wifi di Office Nusanet
  • SETTING DECO
  • Berapa besar kecepatan internet yang saya butuhkan?
  • Troubleshooting Router Deco
  • Mengenal Sistem WiFi Mesh
  • Panduan Allow Vlan di Switch HP
  • Panduan Allow Vlan di Switch Huawei
  • Tips membuat akun email lebih aman
  • Cara Ganti Password Email
  • Setting Email di Outlook 2013
  • Setting Email di IPad Mini
  • Melindungi Perangkat Komputer Anda
  • Gejala Malware
  • Jenis Malware

EDU

  • 6. Mampu Melakukan Instalasi Fisik Perangkat Internet
  • 5. Mampu Mendirikan dan Memanjat Tiang dan Memanjat Tower dan Konsep Keselamatan Kerja
  • 4. Cara Kerja Radio, Router, Access Point, Repeater Mesh, PLC
  • 3. IP Address SubnetMask Gateway DNS Server
  • 2. Topologi Internet Akses
  • 1. Memahami media jaringan komputer (Wire & Wireless & Fiber Optik)

Nusa.id

  • Cara Request Trial Cloud Server di nusa.id cloud
  • Cara Menghubungkan Domain ke Cloud VPS
  • Cara Setting VPN L2tp di VPS Mikrotik CHR
  • Cara Mengganti Port SSH di Cloud Server
  • Reset Password Root VPS
  • Request Satu User Baru G Suite (Google Workspace)

App Track2Ticket

  • Kenapa tracking perjalanan saya jadi lurus, padahal gps saya aktif?
  • Bagaimana keluar dari company yang sekarang dan bergabung dengan company lain?
  • Bagaimana cara mengeluarkan user dari company?
  • Apa maksud status “Trackable”, “Untrackable”, “track off”, “Sign Out”?
  • Petunjuk Instalasi Track2Ticket (T2T)

vlan

  • Panduan Allow Vlan di Switch Huawei
  • Panduan Allow Vlan di Switch HP

App MyNusa

  • Pembayaran melalui mynusa (payment online)
  • Petunjuk Instalasi Nusanet – MyNusa
  • Home
  • Tips Network Engineer
  • Jenis Malware

Jenis Malware

Malware adalah singkatan untuk Malicious Software (Perangkat Lunak Berbahaya). Malware adalah setiap kode komputer yang dapat digunakan untuk mencuri data, melewati kontrol akses, serta menimbulkan bahaya terhadap atau merusak sistem. Di bawah ini adalah beberapa jenis malware yang umum:

Spyware – Malware ini adalah dirancang untuk melacak dan memata-matai pengguna. Spyware sering berisi pelacak aktivitas, pengumpul penekanan tombol, dan pengambilan data. Dalam upaya untuk melewati prosedur keamanan, spyware sering memodifikasi pengaturan keamanan. Spyware sering melekatkan diri pada perangkat lunak yang sah atau dengan Trojan horse.

Adware – Perangkat lunak didukung iklan yang dirancang untuk secara otomatis menampilkan iklan. Adware sering terinstal bersama beberapa versi perangkat lunak. Beberapa adware dirancang hanya untuk menampilkan iklan namun lazim juga ditemukan adware yang disertai spyware.

Bot – Dari kata robot, bot adalah malware yang dirancang untuk secara otomatis melakukan tindakan, biasanya secara online. Meskipun sebagian besar bot tidak berbahaya, yang meningkatkan penggunaan bot berbahaya adalah botnet. Beberapa komputer terinfeksi oleh bot yang diprogram untuk diam menunggu perintah yang diberikan oleh penyerang.

Ransomware – Malware ini dirancang untuk menahan sistem komputer atau data di dalamnya hingga tebusan dibayar. Biasanya ransomware bekerja dengan mengenkripsi data di komputer dengan kunci yang tidak diketahui oleh pengguna. Beberapa versi lain ransomware dapat memanfaatkan kerentanan sistem tertentu untuk mengunci sistem. Ransomware tersebar melalui file yang diunduh atau beberapa kerentanan perangkat lunak.

Scareware – Ini adalah jenis malware yang dirancang untuk memaksa pengguna melakukan tindakan tertentu karena takut. Scareware memalsukan jendela pop-up yang menyerupai jendela dialog sistem operasi. Jendela ini menyampaikan pesan palsu yang menyatakan bahwa sistem berisiko atau perlu menjalankan program tertentu agar kembali beroperasi secara normal. Kenyataannya, tidak ada masalah yang diperiksa atau dideteksi dan jika pengguna setuju dan menghapus program yang disebutkan untuk dijalankan, sistem miliknya akan terinfeksi malware.

Rootkit – Malware ini dirancang untuk mengubah sistem operasi untuk membuat backdoor. Penyerang kemudian menggunakan backdoor tersebut untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Sebagian besar rootkit memanfaatkan kerentanan perangkat lunak meningkatkan hak istimewa dan memodifikasi file sistem. Rootkit juga lazim memodifikasi forensik sistem dan alat bantu pemantauan, membuat rootkit sangat sulit dideteksi. Sering, sistem operasi komputer yang terinfeksi rootkit harus dihapus dan diinstal ulang.

Virus – Virus adalah kode berbahaya yang dapat dijalankan yang terlampir pada file lain yang dapat dijalankan, sering kali merupakan program yang sah. Sebagian besar virus memerlukan pengaktifan oleh pengguna akhir dan dapat aktif pada waktu atau tanggal tertentu. Virus dapat tidak berbahaya dan hanya menampilkan gambar namun virus juga dapat bersifat merusak, misalnya virus yang mengubah atau menghapus data. Virus juga dapat diprogram untuk bermutasi untuk menghindari deteksi. Sebagian besar virus kini disebarkan melalui drive USB, disk optik, jaringan bersama, atau email.

Trojan horse – Trojan horse adalah malware yang menjalankan operasi berbahaya dengan menyamar sebagai operasi yang diinginkan. Kode berbahaya ini mengeksploitasi hak istimewa pengguna yang menjalankannya. Sering kali, Trojan horse ditemukan di file gambar, file audio, atau permainan. Trojan horse berbeda dari virus karena melekatkan diri ke file yang tidak dapat dijalankan.

Worms – Worm adalah kode berbahaya yang menggandakan dirinya dengan secara mandiri mengeksploitasi kerentanan dalam jaringan. Worm biasanya memperlambat jaringan. Virus memerlukan program host agar dapat berjalan, namun worm dapat mengaktifkan diri sendiri. Worm hanya memerlukan partisipasi pengguna untuk infeksi awal. Setelah host terinfeksi, worm dapat menyebar dengan sangat cepat melalui jaringan. Worm memiliki pola yang serupa. Semua worm dapat menimbulkan kerentanan, dapat menyebarkan diri, dan semua berisi muatan.

Worm bertanggung jawab atas beberapa serangan paling dahsyat pada Internet. Seperti ditunjukkan pada Gambar 1, pada tahun 2001 worm Code Red telah menginfeksi 658 server. Dalam waktu 19 jam, worm telah menginfeksi lebih dari 300.000 server, seperti ditunjukkan pada Gambar 2.

MitM (Man-In-The-Middle) – MitM memungkinkan penyerang mengambil alih kontrol perangkat tanpa sepengetahuan pengguna. Dengan tingkat akses tersebut, penyerang dapat mencegat dan mengambil informasi pengguna sebelum mengirimkannya ke tujuan yang dimaksud. Serangan MitM secara luas digunakan untuk mencuri informasi keuangan. Banyak malware dan teknik ada untuk memberi penyerang kemampuan MitM.

MitMo (Man-In-The-Mobile) – Variasi dari man-in-middle, MitMo adalah jenis serangan yang digunakan untuk mengendalikan perangkat bergerak. Bila terinfeksi, perangkat bergerak dapat diinstruksikan agar mengungkapkan informasi sensitif pengguna dan mengirimkannya kepada penyerang. ZeuS, contoh eksploitasi dengan kemampuan MitMo, memungkinkan penyerang dengan diam-diam mengambil pesan SMS verifikasi 2 langkah yang dikirim kepada pengguna.

Updated on August 19, 2024
Bagikan Artikel Ini:
  • Facebook
  • X
  • LinkedIn
  • Pinterest
Gejala Malware
logo nusanet

Nusanet didirikan pada tahun 1996 sebagai salah satu ISP terdepan di Indonesia dengan sertifikasi ISO 27001 & 9001. Menawarkan berbagai layanan internet untuk berbagai segmen dan paket sesuai kebutuhan pelanggan. Temukan paket internet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jl. Gatot Subroto Tengah No.320, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80233

0361 934 2354

081 98 54321

Produk Terkait

  • Domain Name
  • Email Solution
  • Web Hosting
  • Baremetal Server
  • Co-Location Server
  • Nusawork

Perusahaan

  • Tentang Kami
  • Testimonial
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat & Ketentuan
  • Karir

Support

  • 24/7 Bantuan
  • Blog

© PT Media Antar Nusa 2024. Hak Cipta Dilindungi

Instagram Facebook Youtube Linkedin X-twitter Tiktok